Sri Rahayu, (NIM. 4012111105) (2025) Perlindungan hukum terhadap konsumen terkait penjualan makanan dan minuman kadaluwarsa di Pangkalpinang. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (855kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (847kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (581kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (646kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian melatarbelakangi dari adanya fenomena penemuan-penemuan makanan dan minuman yang tidak layak konsumsi atau kadaluarsa yang beredar di kota pangkalpinang. Penelitian tersebut mengkaji implementasi perlindungan hukum bagi konsumen di Pangkalpinang terkait praktik penjualan makanan dan minuman kadaluarsa. Fenomena penjualan produk kadaluarsa ini menimbulkan keresahan dan potensi kerugian bagi konsumen, baik dari segi kesehatan maupun finansial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap konsumen terkait penjualan makanan dan minuman kadaluarsa serta tanggung jawab pelaku usaha. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian empiris. Metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologi hukum, sumber data sekunder, dengan menggunakan bahan hukum primer, sekunder dan trasier serta teknik pengumpulan data dengan studi pustaka dan teknis analitis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan hukum terhadap konsumen di Indonesia, khususnya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, telah memberikan kerangka hukum yang memadai. Dengan demikian implementasinya, di Pangkalpinang masih terdapat tantangan. kurangnya pengawasan yang optimal, rendahnya kesadaran konsumen, serta kurangnya kesadaran pelaku usaha terhadap pentingnya kejujuran dalam melakukan kegiatan usaha. Sanksi hukum yang belum sepenuhnya memberikan efek jera bagi pelaku usaha nakal. Tanggung jawab pelaku usaha untuk mengganti kerugian apabila konsumen menemukan produk makanan dan minuman kadaluarsa sesuai dengan barang dan jasa yang dirugikanya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan; Konsumen; Kadaluarsa |
Subjects: | K Hukum > K Law (General) |
Divisions: | FAKULTAS HUKUM > HUKUM > KEPERDATAAN > SKRIPSI |
Depositing User: | Darma - |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 07:26 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 07:26 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/11677 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |