Perlindungan hukum terhadap konsumen terkait penjualan makanan dan minuman kadaluwarsa di Pangkalpinang

Sri Rahayu, (NIM. 4012111105) (2025) Perlindungan hukum terhadap konsumen terkait penjualan makanan dan minuman kadaluwarsa di Pangkalpinang. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian melatarbelakangi dari adanya fenomena penemuan-penemuan makanan dan minuman yang tidak layak konsumsi atau kadaluarsa yang beredar di kota pangkalpinang. Penelitian tersebut mengkaji implementasi perlindungan hukum bagi konsumen di Pangkalpinang terkait praktik penjualan makanan dan minuman kadaluarsa. Fenomena penjualan produk kadaluarsa ini menimbulkan keresahan dan potensi kerugian bagi konsumen, baik dari segi kesehatan maupun finansial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap konsumen terkait penjualan makanan dan minuman kadaluarsa serta tanggung jawab pelaku usaha. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian empiris. Metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologi hukum, sumber data sekunder, dengan menggunakan bahan hukum primer, sekunder dan trasier serta teknik pengumpulan data dengan studi pustaka dan teknis analitis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan hukum terhadap konsumen di Indonesia, khususnya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, telah memberikan kerangka hukum yang memadai. Dengan demikian implementasinya, di Pangkalpinang masih terdapat tantangan. kurangnya pengawasan yang optimal, rendahnya kesadaran konsumen, serta kurangnya kesadaran pelaku usaha terhadap pentingnya kejujuran dalam melakukan kegiatan usaha. Sanksi hukum yang belum sepenuhnya memberikan efek jera bagi pelaku usaha nakal. Tanggung jawab pelaku usaha untuk mengganti kerugian apabila konsumen menemukan produk makanan dan minuman kadaluarsa sesuai dengan barang dan jasa yang dirugikanya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan; Konsumen; Kadaluarsa
Subjects: K Hukum > K Law (General)
Divisions: FAKULTAS HUKUM > HUKUM > KEPERDATAAN > SKRIPSI
Depositing User: Darma -
Date Deposited: 09 Jul 2025 07:26
Last Modified: 09 Jul 2025 07:26
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/11677

Actions (login required)

View Item View Item