Dinda Rahma Shafira, (NIM. 4011911096) (2025) Ganti rugi terhadap konsumen pengguna jasa pengiriman barang Ekspedisi Nusantara Card Semesta (NCS) dalam hal keterlambatan penerimaan dan rusaknya barang di Bangka Belitung. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (656kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (688kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Banyaknya masyarakat yang mengirimkan barang membuat jasa-jasa ekspedisi bertumbuh pesat, terbukti dengan banyaknya jasa ekspedisi salah satunya yaitu Nusantara Card Semesta (NCS). Hak dan kewajiban Nusantara Card Semesta (NCS) ini sudah diatur di dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Adapun masalah yang akan dibahas di dalam skripsi ini adalah perlindungan hukum terhadap konsumen dalam perjanjian pengiriman barang dan tanggung jawab Nusantara Card Semesta (NCS) bila terjadi keterlambatan dan kerusakan barang dalam proses pengiriman barang. Penelitian ini bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang perlindungan apa yang akan didapatkan jika terjadi wanprestasi dalam proses pengiriman barang serta meningkatkan kesadaran pelaku usaha dalam menjalankan usahanya. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris dengan pendekatan kepustakaan dan lapangan. Pendekatan kepustakaan digunakan untuk memperoleh data sekunder yang bersifat teoritis, sedangkan pendekatan lapangan dilakukan untuk memperoleh data primer melalui proses wawancara dengan pihak responden dan informan. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa hak dan kewajiban Nusantara Card Semesta (NCS) juga memberikan ganti kerugian atas keterlambatan sebesar ongkos kirim yang telah disepakati, dan hanya berlaku pada layanan tertentu.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Hukum; Konsumen; Jasa Pengiriman Barang |
Subjects: | K Hukum > K Law (General) |
Divisions: | FAKULTAS HUKUM > HUKUM > KEPERDATAAN > SKRIPSI |
Depositing User: | Darma - |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 07:22 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 07:22 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/11672 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |