Strategi marketing politik calon legislatif muda pada pemilu legislatif DPRD Kabupaten/Kota 2024 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung)

Muhammad Rexsy, (NIM. 5022111027) (2025) Strategi marketing politik calon legislatif muda pada pemilu legislatif DPRD Kabupaten/Kota 2024 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung). Other thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (920kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi marketing politik yang digunakan oleh para calon legislatif (caleg) muda dalam Pemilu Legislatif DPRD Kabupaten/Kota 2024 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Fokus utama penelitian adalah pada implementasi strategi push marketing, pull marketing, dan pass marketing sebagaimana dikemukakan oleh Adman Nursal (2004). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, Observasi, Dokumentasi. Oleh karena itu, penelitian ini memerlukan dua jenis data, yaitu data primer dan data sekunder Hasil penelitian menunjukkan bahwa para caleg muda memanfaatkan strategi push marketing melalui pendekatan emosional dengan masyarakat yang dibangun sejak lama, bukan hanya sekedar untuk berkampanye melalui penyampaian visi misi dan dan media sosial; pull marketing melalui pencitraan diri dan penguatan identitas di media digital; serta pass marketing dengan memaksimalkan relasi personal, jaringan keluarga, dan komunitas. Strategi-strategi tersebut dipilih berdasarkan keterbatasan sumber daya, kedekatan emosional dengan pemilih, serta kebutuhan menyesuaikan dengan karakteristik generasi muda. Penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi ketiga strategi tersebut menjadi kunci dalam menarik simpati dan suara pemilih manapun yang sesuai sebagai bagian dalam kekeluargaann. Faktor keberhasilan strategi melibatkan kombinasi antara inovasi, adaptasi teknologi, pemahaman karakteristik lokal, dan penguatan hubungan sosial. Keberhasilan beberapa caleg muda dalam mengalahkan kandidat petahana menunjukkan efektivitas strategi marketing yang terintegrasi dan kontekstual. Kesimpulannya bahwa para beberapa caleg muda terpilih aktif dan intens dalam merepresentasikan terkait penggunaan media sosial sebagai alat kampanye. Akan tetapi setiap strategi yang diterapkan oleh calon legislatif muda terkesan sama seperti strategi para calon legislatif pada umumnya dan tidak ada yang merepresentasikan tentang karakteristik yang khas muda dari strategi para caleg muda tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pemilu legislatif,; arketing; Caleg muda
Subjects: J Ilmu Politik > JA Political science (General)
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK > ILMU POLITIK > SKRIPSI
Depositing User: Darma -
Date Deposited: 25 Jun 2025 08:29
Last Modified: 25 Jun 2025 08:29
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/11632

Actions (login required)

View Item View Item