Bowbhy Kukuh Wicaksono, (NIM. 1041811036) (2025) Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Air Bersih di UPT-PAM Kabupaten Bangka Selatan (Studi Kasus Kawasan PAM Parit 9 Kecamatan Toboali). Other thesis, Universitas Bangka Belitung.
![]() |
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (387kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (443kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (546kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (896kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (237kB) |
![]() |
Text (DAFATAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (259kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Air bersih menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari. Seiring pertambahan penduduk maka kebutuhan air akan semakin meningkat. Dalam menyikapi hal tersebut, pemerintah Bangka Selatan mengelola sebuah perusahaan milik daerah yaitu Unit Pelaksana Teknis Pengelola Air Minum (UPT-PAM) Bangka Selatan. UPT-PAM Kabupaten Bangka Selatan telah berupaya memberikan pelayanan air bersih, namun seiring berjalannya waktu sering mendapatkan informasi tentang keluhan dari masyarakat pengguna air bersih PAM tersebut. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan dan kepentingan pengguna air bersih di UPT-PAM Kabupaten Bangka Selatan. Jumlah responden sebanyak 186 responden yang berasal dari Desa Gadung dan Kelurahan Toboali. Acuan yang digunakan dalam tingkat kepuasan dan kepentingan terdiri dari 5, yaitu kualitas air bersih, kontinuitas air bersih, kuantitas air bersih, tekanan air bersih, dan tarif harga serta pelayanan air bersih yang diambil menurut PP No. 122 Tahun 2015 Pasal 53. Metode analisis yang digunakan yaitu metode Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian ini yaitu nilai tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan diperoleh 3,35 dan 3,86. Hasil analisis menunjukkan tingkat kepuasan dan kepentingan yang terbagi dalam 4 kuadran, yaitu pada kuadran I merupakan kebersihan air dan warna air dinilai penting tetapi kepuasan kurang memuaskan, pada kuadran II merupakan rasa air dan bau air dinilai penting dan sudah memuaskan, pada kuadran III merupakan keberlangsungan air bersih mengalir 24 jam dan kestabilan kecepatan aliran air bersih serta tanggapan penyedia air bersih terhadap pengaduan atau keluhan oleh pengguna air bersih dinilai kurang penting dan kurang memuaskan, dan pada kuadran IV merupakan kebocoran pipa distribusi dan keterjangkauan harga untuk pengguna air bersih dinilai kurang penting tapi sangat memuaskan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengguna Air Bersih; Pelayanan Air Bersih; Kualitas Air Bersih; Kontinuitas Air Bersih; Kuantitas Air Bersih. |
Subjects: | T Teknologi > TA Teknik (Umum). Teknik Sipil (Umum) |
Divisions: | FAKULTAS SAINS DAN TEKNIK > TEKNIK SIPIL > SKRIPSI |
Depositing User: | Mr Arja Kusuma |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 06:51 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 06:51 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/11600 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |