Marketing politik dalam pemenangan kepala desa perempuan di Desa Penyamun Kecamatan Pemali pada pilkades serentak Kabupaten Bangka tahun 2021

Nabilah Aulia, (NIM. 5022111034) (2025) Marketing politik dalam pemenangan kepala desa perempuan di Desa Penyamun Kecamatan Pemali pada pilkades serentak Kabupaten Bangka tahun 2021. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai marketing politik dalam pemenangan Rochani dan tantangan yang dihadapi dalam menjalankan marketing politik untuk memenangkan pemilihan Kepala Desa di Desa Penyamun Kecamatan Pemali Pada Pilkades Serentak Kabupaten Bangka Tahun 2021. Pada penelitian ini menggunakan teori marketing politik dari Niffenneger (1989) dengan konsep 4P yaitu product, promotion, price dan place. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan cara mengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk memenangkan pemilihan diperlukan strategi dengan menggunakan marketing politik. Marketing politik Rochani berupa product dengan menawarkan program kerja, visi misi yang mementingkan aspek kehidupan masyarakat dan memiliki ciri pribadi dan rekam jejak yang baik di masyarakat, promotion melalui media cetak berupa baliho dan komunikasi pribadi ke masyarakat oleh kandidat dengan dibantu tim pemenangan. Price dengan citra baik yang baik yang dimiliki kandidat di masyarakat yang digunakan sebagai strategi dalam memenangkan dengan menebarkan citra ekonomis, citra psikologis dan citra nasional yang dimiliki. Place dengan memaksimalkan pemilih secara efektif. Dalam menjalankan strategi tentunya kandidat maupun tim pemenangan menghadapi tantangan kultural yang bersifat tersembunyi dan bersumber dari stereotip gender serta ekspektasi tradisional. Namun, terlepas dari tantangan tersebut keberhasilan Rochani dalam memenangkan pemilihan menunjukkan bahwa perempuan mampu memenangkan kontestasi politik dengan menggunakan strategi marketing politik yang dijalankannya. Keberhasilan ini tidak hanya mematahkan stereotip yang selama ini membatasi partisipasi perempuan dalam ruang publik tetapi juga membuka peluang bagi peningkatan representasi perempuan dalam struktur pemerintahan Desa di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pilkades; Marketing politik; Kepala desa perempuan
Subjects: J Ilmu Politik > JA Political science (General)
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK > ILMU POLITIK > SKRIPSI
Depositing User: Darma -
Date Deposited: 25 Jun 2025 02:07
Last Modified: 25 Jun 2025 02:07
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/11575

Actions (login required)

View Item View Item