Ananda Pranata, (NIM. 5022011001) (2025) Komunikasi politik (studi terhadap kampanye politik pasangan Prabowo-Gibran dalam pemilihan presiden 2024 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung). Other thesis, Universitas Bangka Belitung.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (627kB) |
Abstract
Skripsi ini menyajikan tentang kampanye politik yang dilakukan oleh pasangan Prabowo-Gibran sebagai kandidat calon presiden dan calon wakil presiden pada masa kampanye pemilihan presiden di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2024. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan kampanye politik yang efektif dalam kampanye politik pasangan Prabowo-Gibran pada pemilihan presiden di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pendekatan yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Guna mengumpulkan data dilaksanakanlah ini wawancara mendalam, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan tim sukses, tim relawan, serta masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk memahami kampanye politik yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan meliputi peran komunikator politik, seperti pasangan calon, tim sukses, dan tim relawan, dalam menyampaikan pesan kampanye pada masyarakat. Pesan kampanye politik yang disampaikan meliputi makan siang bergizi gratis, pembangunan hilirisasi dan pemberdayaan ekonomi, Mobile Legends, “Gemoy”, oke gas. Kampanye dilakukan dengan beragam saluran komunikasi, termasuk media massa, media sosial, serta tatap muka langsung. Keberhasilan kampanye sangat bergantung pada relevansi pesan dengan kebutuhan dan harapan masyarakat, terutama terkait isu ekonomi, pendidikan, dan pemberantasan korupsi. Media sosial contohnya Facebook, Instagram, serta TikTok dapat menjangkau anak muda. Kampanye tatap muka juga terbukti membangun kedekatan emosional dengan masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Perpaduan antara pendekatan digital dan personal menjadi kunci dalam menciptakan komunikasi politik yang diterima dengan baik oleh masyarakat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kampanye politik; Prabowo-Gibran; Pemilihan Presiden 2024; Kepulauan Bangka Belitung |
Subjects: | J Ilmu Politik > JC Political theory |
Divisions: | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK > ILMU POLITIK > SKRIPSI |
Depositing User: | Darma - |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 02:01 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 02:01 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/11572 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |