Pengaruh persepsi kemudahan, persepsi manfaat, persepsi risiko dan literasi keuangan digital terhadap minat konsumen dalam penggunaan QRIS di Kota Pangkalpinang

Lola Febrina, (NIM. 3012111056) (2025) Pengaruh persepsi kemudahan, persepsi manfaat, persepsi risiko dan literasi keuangan digital terhadap minat konsumen dalam penggunaan QRIS di Kota Pangkalpinang. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Minat merupakan suatu kecenderungan atau ketertarikan individu terhadap tujuan tertentu yang berasal dari diri sendiri tanpa paksaan dan terbentuk oleh keinginan gigih untuk melakukannya. Dengan adanya minat akan menumbuhkan persepsi terhadap suatu penggunaan terutama ketika individu merasa kemudahan dalam penggunaan suatu sistem pembayaran seperti QRIS. Manfaat yang diberikan dari penggunaan QRIS juga berperan untuk meningkatkan efisiensi dan kenyamanan bagi individu dalam memilih metode pembayaran. Dengan penggunaan QRIS, individu merasakan manfaat dalam melakukan akses data transaksi secara cepat dan tepat waktu sehingga dapat meningkatkan kinerja pengguna. Mesikipun banyak kemudahan dan manfaat yang dirasakan, setiap barang dan jasa pasti akan memiliki risiko. Dikhawatirkan tanpa pemahaman literasi keuangan digital yang memadai, masyarakat kota Pangkalpinang akan merasa cukup sulit untuk memanfaatkan produk dan layanan jasa secara optimal sehingga dapat mengurangi keputusan untuk menggunakan non tunai. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi kemudahan, persepsi manfaat, persepsi risiko dan literasi keuangan digital terhadap minat konsumen dalam penggunaan QRIS di kota Pangkalpinang. Penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan penggunaan sampel minimal sebanyak 96 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan menggunakan rumus lemeshow. Variabel independen dalam penelitian ini adalah persepsi kemudahan, persepsi manfaat, persepsi risiko dan literasi keuangan digital, sedangkan variabel dependen penelitian ini yaitu minat konsumen dalam penggunaan QRIS. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dalam uji parsial menunjukkan bahwa persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat konsumen dalam penggunaan QRIS, persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat konsumen dalam penggunaan QRIS, persepsi risiko tidak berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat konsumen dalam penggunaan QRIS, dan literasi keuangan digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat konsumen dalam penggunaan QRIS.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: persepsi kemudahan, persepsi manfaat, persepsi risiko, literasi keuangan digital dan minat konsumen dalam penggunaan QRIS
Subjects: H Ilmu Sosial > HB Teori Ekonomi
H Ilmu Sosial > HG Keuangan
Divisions: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS > AKUNTANSI > SKRIPSI
Depositing User: Mrs Nia Erawati
Date Deposited: 01 Jul 2025 03:49
Last Modified: 01 Jul 2025 03:49
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/11531

Actions (login required)

View Item View Item