Studi komparatif perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Bangka Belitung: pengguna e-commerce Shopee dan TikTok Shop

Geland Putricia, (NIM. 5012111042) (2025) Studi komparatif perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Bangka Belitung: pengguna e-commerce Shopee dan TikTok Shop. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[thumbnail of DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dalam revolusi industri 5.0 yang semakin canggih, menekankan masyarakat sebagai pusat peradaban dalam memanfaatkan teknologi secara maksimal di berbagai bidang. Salah satunya pemanfaatan teknologi di bidang perbelanjaan, di mana terjadi pergantian budaya belanja dari cara konvensional beralih ke sistem online melalui berbagai e-commerce. Platform yang banyak digunakan saat ini, terutama UMKM memilih Shopee dan TikTok Shop sebagai platform yang penjualannya lebih efektif dan efisien. Dengan segala kemudahan dalam penerapannya, e-commerce memiliki potensi yang signifikan dalam membentuk perilaku masyarakat yang konsumtif, termasuk mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pola perilaku konsumtif mahasiswa pengguna Shopee dengan pengguna Tiktok Shop di UBB. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode komparatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 7.031 mahasiswa, kemudian diambil sampel sebanyak 302 mahasiswa pengguna Shopee dan 76 mahasiswa pengguna TikTok Shop dengan menggunakan metode proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan wawancara terstruktur. Analisis data yang digunakan berupa Independent Sample T-Test dengan memenuhi prasyarat uji asumsi klasik berupa uji homogenitas dengan Kolmogorov Smirnov dan uji normalitas dengan Levene Test. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil uji Independent Sample T-Test dengan asumsi varians tidak sama (equal variances not assumed) menunjukkan nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,483 (p > 0,05). Artinya, tidak terdapat perbedaan signifikan antara faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa pengguna Shopee dan pengguna TikTok Shop di Universitas Bangka Belitung. 2) Perilaku konsumtif mahasiswa tidak dibentuk dari kelebihan suatu platform, melainkan terbentuk oleh struktur yang sama yaitu sistem industri budaya. Artinya, konsumsi generasi muda di era digital menghapuskan perbedaan substantif antar platform dalam membentuk perilaku konsumtif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perilaku konsumtif; Mahasiswa pengguna Shopee; Mahasiswa pengguna TikTok Shop
Subjects: H Ilmu Sosial > HM Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK > SOSIOLOGI > SKRIPSI
Depositing User: Darma -
Date Deposited: 25 Jun 2025 01:50
Last Modified: 25 Jun 2025 01:50
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/11483

Actions (login required)

View Item View Item