Rio Rahmatullah, (NIM. 3022111032) (2025) Pengaruh Disiplin Belajar, Efikasi Diri, Kompetensi Guru, dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Payung. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (854kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan memegang peranan penting sebagai ujung tombak dalam pembangunan nasional, karena melalui pendidikan berlangsung proses pembinaan untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas. Penelitian ini difokuskan pada analisis berbagai faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, meliputi disiplin belajar, efikasi diri kompetensi guru, serta ketersediaan fasilitas belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh keempat faktor tersebut terhadap prestasi belajar siswa kelas XII SMA Negeri 1 Payung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan melibatkan 140 siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Payung sebagai responden. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik probability sampling dengan metode cluster sampling. Variabel independen dalam penelitian ini meliputi disiplin belajar, efikasi diri, kompetensi guru, dan fasilitas belajar. Sementara itu, variabel dependen adalah prestasi belajar siswa. Analisis data dilakukan menggunakan metode regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian disiplin belajar, efikasi diri, kompetensi guru, dan fasilitas belajar secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa XII SMA Negeri 1 Payung. Hasil uji secara simultan disiplin belajar, efikasi diri, kompetensi guru, dan fasilitas belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XII SMA Negeri 1 Payung.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin Belajar, Efikasi Diri, Kompetensi Guru, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | H Ilmu Sosial > HB Teori Ekonomi |
Divisions: | FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS > MANAJEMEN > SKRIPSI |
Depositing User: | Mrs Suci Rhomana Sari |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 00:48 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 00:48 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/11427 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |