Pengaruh Disiplin Belajar, Efikasi Diri, Kompetensi Guru, dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Payung.

Rio Rahmatullah, (NIM. 3022111032) (2025) Pengaruh Disiplin Belajar, Efikasi Diri, Kompetensi Guru, dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Payung. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan memegang peranan penting sebagai ujung tombak dalam pembangunan nasional, karena melalui pendidikan berlangsung proses pembinaan untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas. Penelitian ini difokuskan pada analisis berbagai faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, meliputi disiplin belajar, efikasi diri kompetensi guru, serta ketersediaan fasilitas belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh keempat faktor tersebut terhadap prestasi belajar siswa kelas XII SMA Negeri 1 Payung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan melibatkan 140 siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Payung sebagai responden. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik probability sampling dengan metode cluster sampling. Variabel independen dalam penelitian ini meliputi disiplin belajar, efikasi diri, kompetensi guru, dan fasilitas belajar. Sementara itu, variabel dependen adalah prestasi belajar siswa. Analisis data dilakukan menggunakan metode regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian disiplin belajar, efikasi diri, kompetensi guru, dan fasilitas belajar secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa XII SMA Negeri 1 Payung. Hasil uji secara simultan disiplin belajar, efikasi diri, kompetensi guru, dan fasilitas belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XII SMA Negeri 1 Payung.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, Efikasi Diri, Kompetensi Guru, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: H Ilmu Sosial > HB Teori Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS > MANAJEMEN > SKRIPSI
Depositing User: Mrs Suci Rhomana Sari
Date Deposited: 17 Jun 2025 00:48
Last Modified: 17 Jun 2025 00:48
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/11427

Actions (login required)

View Item View Item