Pengaruh Marketing Mix 4P (Product, price, place, promotion) terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening pada Pembelian Birthday cake di Naddcakery Kota Pangkalpinang

Megita Bulandari, (NIM. 3022111088) (2025) Pengaruh Marketing Mix 4P (Product, price, place, promotion) terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening pada Pembelian Birthday cake di Naddcakery Kota Pangkalpinang. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Persaingan dalam industri kuliner, khususnya bisnis birthday cake, semakin meningkat yang mendorong Naddcakery untuk meningkatkan daya saing melalui strategi pemasaran yang tepat dan dapat memengaruhi tingkat kepuasan pelanggan dan pada akhirnya berkontribusi terhadap loyalitas pelanggan.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Marketng mix 4p, yang meliputi Product, price, place, dan promotion terhadap Loyalitas Pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening dalam konteks pembelian birthday cake di Naddcakery Kota Pangkalpinang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan sampel sebanyak 225 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan metode path analysis dengan SmartPLS versi 3.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Product, place, dan promotion memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan price tidak berpengaruh secara signifikan. Selanjutnya, kepuasan pelanggan memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Selain itu, Product, price, dan place memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, sementara promotion tidak berpengaruh secara signifikan. Selain itu hasil uji tidak langsung menunjukkan bahwa Product, place, dan promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening, sedangkan price tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Temuan ini menunjukkan bahwa Naddcakery perlu fokus pada peningkatan strategi pemasaran yang efektif untuk menciptakan pengalaman positif yang memperkuat loyalitas pelanggan di tengah persaingan yang semakin ketat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Marketing Mix 4P, Product, Price, Place, Promotion, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan
Subjects: H Ilmu Sosial > HB Teori Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS > MANAJEMEN > SKRIPSI
Depositing User: Mrs Suci Rhomana Sari
Date Deposited: 19 May 2025 02:11
Last Modified: 19 May 2025 02:11
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/11174

Actions (login required)

View Item View Item