Syahfa Rizi Rasta Buana, (NIM. 4012111091) (2025) Pemenuhan hak pendidikan bagi anak sebagai warga binaan pemasyarakatan di lembaga pembinaan khusus anak kelas II Pangkalpinang. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (820kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (964kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) |
Abstract
Pengaturan hak pendidikan bagi warga negara telah dicantumkan di dalam kostitusi, merupakan bentuk jaminan kepastian hukum dan pengakuan negara terhadap hak pendidikan bagi warga negara. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau sejauh mana peraturan terkait hak pendidikan bagi anak binaan telah diterapkan di LPKA Pangkalpinang guna memastikan bahwa Hak Asasi Manusia dapat terpenuhi secara optimal. Jenis penelitian yang digunakan adalah yuridis empiris, melalui pendekatan yuridis sosiologis. Hasil penelitian, Pemenuhan hak pendidikan di LPKA Kelas II Pangkalpinang telah dilaksanakan dengan cukup baik meskipun program pendidikan formal masih belum bisa dipenuhi dikarenakan belum ada sekolah yang bisa dijadikan induk, ketiadaan pendidikan formal menunjukkan adanya kesenjangan dalam pemenuhan hak pendidikan sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang NRI Nomor 22 Tahun 2022 Pasal 50, bahwa hak pendidikan anak binaan mencakup tiga jenis, yaitu pendidikan formal, nonformal, dan informal. Sebagai gantinya LPKA Kelas II Pangkalpinang memberikan program pendidikan nonformal Paket A, B, dan C yang bekerja sama dengan SKB. Sekolah paket ini dijadwalkan pada hari Selasa, Rabu dan Kamis. Selain pendidikan intelektual, anak binaan diberikan pendidikan informal berupa pendidikan keagamaan dan kemandirian. Agar program pendidikan di LPKA semakin efektif, diperlukan upaya seperti peningkatan kualitas pengajaran, baik dari tenaga pendidik maupun metode, serta durasi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hak; Pendidikan; Anak |
Subjects: | K Hukum > K Law (General) |
Divisions: | FAKULTAS HUKUM > HUKUM > PIDANA > SKRIPSI |
Depositing User: | Darma - |
Date Deposited: | 06 May 2025 03:40 |
Last Modified: | 06 May 2025 03:40 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/11158 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |