Akses Layanan Pendidikan Ekspresi Keberagaman Anak-anak Penghayat Kepercayaan Komunitas Orang Lom

Michael Jeffri Sinabutar, - and Tiara Ramadhani, - and Waldimer Pasaribu, - Akses Layanan Pendidikan Ekspresi Keberagaman Anak-anak Penghayat Kepercayaan Komunitas Orang Lom. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. pp. 1651-1655. ISSN 1411-8939

[thumbnail of Akses Layanan Pendidikan Ekspresi Keberagaman Anak-anak Penghayat Kepercayaan Komunitas Orang Lom.pdf] Text
Akses Layanan Pendidikan Ekspresi Keberagaman Anak-anak Penghayat Kepercayaan Komunitas Orang Lom.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)

Abstract

Salah satu hak dasar dari setiap warga negara adalah mendapatkan layanan pendidikan, termaktub dalam pembukaan
UUD 1945. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 12 ayat 1 huruf a mengamanatkan
bahwa setiap peserta didik pada satuan pendidikan mendapatkan pendidikan agama sesuai agama yang dianutnya dan diajar oleh
pendidik seagama. Pasca putusan Mahkamah Konstitusi MK Nomor 97/PUU-XIV/2016 dan Permendikbud 27 Tahun 2016
menjadi semangat dan nafas baru bagi para penghayat kepercayaan di Indonesia. Putusan MK ternyata tidak menihilkan masalah
yang dialami para penghayat kepercayaan terkait dengan akses pendidikan. Jaminan akan layananan pendidikan agama dan moral
anak-anak penghayat kepercayaan sesuai dengan keyakinan mereka sendiri berdasarkan pasal 8 ayat 4 Kovenan Hak-hak Sosial
dan Politik menjadi substansial dalam akses layanan pendidikan agama. Penelitian ini berupaya untuk melihat dinamika
implementasi layanakan dan praktik pendidikan agama yang dialami oleh anak-anak penghayat kepercayaan dan strategi
komunitas dalam mendapatkan akses layanan pendidikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: komunitas; pendidikan; penghayat kepercayaan
Subjects: L Pendidikan > L Education (General)
L Pendidikan > LC Special aspects of education
Divisions: KARYA TULIS DOSEN > Sosiologi
Depositing User: Mr Jan Frist Pagendo Purba
Date Deposited: 14 Feb 2025 03:18
Last Modified: 14 Feb 2025 03:18
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/10798

Actions (login required)

View Item View Item