Analisis Pengaruh Faktor Pribadi, Faktor Sosial, dan Faktor Budaya terhadap Keputusan Perpindahan Merek Smartphone pada Generasi Milenial di Pangkalpinang

Muhamad Adnan Aziz Al Hakim, (NIM. 3021911101) (2024) Analisis Pengaruh Faktor Pribadi, Faktor Sosial, dan Faktor Budaya terhadap Keputusan Perpindahan Merek Smartphone pada Generasi Milenial di Pangkalpinang. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Sebanyak 98,2 persen Milenial Indonesia menjadikan smartphone sebagai alat primer selagi menikmati dunia digital (IDN Research Intitute, 2019), tetapi hanya 6,5 persen Milenial merupakan loyalis merek (Smarter HQ, 2017). Penelitian ini bertujuan untuk menyadari dan menganalsisis apakah faktor pribadi, sosial, serta budaya berpengaruh terhadap keputusan perpindahan merek smartphone pada generasi Milenial di Pangkalpinang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan sampel dipilih melalui sampling purposive. Instrumen kuesioner dibagikan pada media sosial Facebook dan Instagram sehingga didapat sampel berjumlah 199 responden. Metode analisis yang diterapkan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, uji T, uji F dan koefisien determinasi (R²). Hasil analisis regresi berganda menunjukkan persamaan Y = 12,330 + 0,781X1 + 0,156X2 + 0,473X3. Hasil uji T ditemukan bahwa Faktor Sosial tidak berpengaruh positif terhadap keputusan perpindahan merek smartphone. Sementara itu, Faktor Pribadi dan Faktor Budaya menunjukan pengaruh positif terhadap keputusan perpindahan merek smartphone. Hasil Uji F menunjukan bahwa Faktor Pribadi, Faktor Sosial, dan Faktor Budaya secara simultan berpengaruh terhadap keputusan perpindahan merek smartphone. Hasil Koefisien Determinasi sebesar 53 persen bermakna kekuatan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen sehingga terdapat 47 persen dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel independen dalam penelitian ini yang bisa dikembangkan dan diteliti lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: perilaku konsumen, faktor pribadi, faktor sosial, faktor budaya, keputusan perpindahan merek smartphone, generasi milenial, pangkalpinang
Subjects: H Ilmu Sosial > HD Industri. Penggunaan Lahan. Tenaga Kerja > HD28 Manajemen. Manajemen Industri
Divisions: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS > MANAJEMEN > SKRIPSI
Depositing User: Mrs Suci Rhomana Sari
Date Deposited: 02 Dec 2024 03:03
Last Modified: 02 Dec 2024 03:03
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/10437

Actions (login required)

View Item View Item