Strategi Pemasaran Makanan Olahan Hasil Laut Produk Ketam Isi pada IKM Adena di Pangkalpinang

Sela Dealita, (NIM 2051911066) (2024) Strategi Pemasaran Makanan Olahan Hasil Laut Produk Ketam Isi pada IKM Adena di Pangkalpinang. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan alternatif strategi pemasaran serta strategi prioritas pada IKM Adena di Pangkalpinang dalam memasarkan produk ketam isi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Metode pengambilan contoh yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel 6 responden. Metode analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif, menggunakan metode SWOT dan QSPM. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari hasil matriks IFE yaitu kekuatan 2,00 dan kelemahan 1,27 dengan total skor 3,27. Sedangkan hasil matriks EFE menunjukan peluang 1,68 dan ancaman 2,03, dengan total skor 3,71. Alternatif strategi yang dapat diterapkan IKM Adena di Pangkalpinang adalah mempertahankan kualitas produk, inovasi produk dan menetapkan harga yang bersaing, serta meningkatkan branding dan kualitas digital marketing. Menjalin kerjasama dengan instansi lain, serta meningkatkan keikutsertaan mengikuti event atau program yang diadakan, serta efisiensi pemasaran melalui pemanfaatan teknologi digital dan SDM yang berkualitas untuk mengoptimalkan promosi di media sosial. Melakukan inovasi dengan membangun jaringan penjualan online di marketplace jaringan dan hubungan baik pada pemasok, mengadakan promosi seperti harga spesial pada hari-hari besar dengan waktu terbatas, serta gencar melakukan promosi semenarik mungkin dan berkelanjutan dengan memanfaatkan perkembangan digital yang efektif dan efesien. Berdasarkan matrik QSPM, strategi yang menjadi prioritas utama adalah gencar melakukan promosi semenarik mungkin dan berkelanjutan dengan memanfaatkan perkembangan digital yang efektif dan efesien dengan nilai sebesar ∑TAS sebesar 6,48.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: IKM; Ketam isi; Strategi pemasaran; SWOT; QSPM
Subjects: H Ilmu Sosial > HB Teori Ekonomi
S Pertanian > S Pertanian (Umum)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi > Agribisnis
Depositing User: Mrs Suci Rhomana Sari
Date Deposited: 19 Sep 2024 04:49
Last Modified: 19 Sep 2024 04:49
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/10267

Actions (login required)

View Item View Item