Pengaruh sudut deadrise pada lambung tipe v-bottom terhadap kecepatan dan tactical diameter prototipe kapal fuel engine remote control

Rahmad Efendi, (NIM. 1012010121) (2024) Pengaruh sudut deadrise pada lambung tipe v-bottom terhadap kecepatan dan tactical diameter prototipe kapal fuel engine remote control. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia sebagai negara kepulauan dengan garis pantai yang luas sangat bergantung pada transportasi laut. kapal memegang peranan penting dalam mobilitas orang dan barang. Bentuk lambung kapal, khususnya sudut deadrise, mempengaruhi performa kapal dalam hal kecepatan dan manuver. penelitian ini menguji empat variasi sudut deadrise lambung kapal, yaitu 5°, 10°, 15°, dan 20°. setiap sudut diuji untuk mengukur kecepatan kapal pada kondisi idle dan throttle, serta diameter taktikal untuk menilai kemampuan manuver kapal. Hasil Pengujian kecepatan idle sudut 15° dengan kecepatan tertinggi 2,7 m/s, sudut 5° dengan kecepatan terendah 1,9 m/s, kecepatan throttle sudut 20° dengan kecepatan tertinggi 12,1 m/s. sudut 15° dengan kecepatan terendah 7,1 m/s, diameter taktikal kondisi idle Sudut 20° dengan diameter taktikal terbaik 3,5 m, sudut 5° dengan diameter taktikal terjauh 7 m, kondisi throttle Sudut 20° dengan diameter taktikal terbaik 4,4 m, sudut 5° dengan diameter taktikal terjauh dengan kondisi understeer. pengaruh sudut deadrise yang lebih besar, seperti 20°, cenderung memberikan kecepatan maksimum yang lebih tinggi dalam kondisi throttle, sementara sudut deadrise yang lebih kecil menghasilkan kecepatan yang lebih rendah. Sudut deadrise yang lebih besar memberikan diameter taktikal yang lebih baik, baik dalam kondisi idle maupun throttle, menunjukkan manuver yang lebih baik dibandingkan sudut yang lebih kecil. sebaliknya, sudut deadrise yang lebih kecil menunjukkan radius belok terjauh dan dalam kondisi throttle bisa menyebabkan understeer, yang berarti kapal sulit berbelok. penelitian ini menunjukkan bahwa sudut deadrise memiliki dampak signifikan terhadap kecepatan dan diameter taktikal.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sudut Deadrise; Kecepatan; Diameter Taktikal
Subjects: T Teknologi > TJ Teknik Mesin dan Permesinan
Divisions: FAKULTAS SAINS DAN TEKNIK > TEKNIK MESIN > SKRIPSI
Depositing User: Mr Jan Frist Pagendo Purba
Date Deposited: 10 Oct 2024 03:38
Last Modified: 10 Oct 2024 03:38
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/10228

Actions (login required)

View Item View Item