Pengaruh kemiringan sudut poros baling - baling terhadap kecepatan dan manuver kapal

Farhan Akbar Fathan, (NIM. 1012011015) (2024) Pengaruh kemiringan sudut poros baling - baling terhadap kecepatan dan manuver kapal. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (999kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, dengan kapal sebagai moda transportasi utama masyarakat. Peningkatan efisiensi dan kinerja kapal tetap menjadi tantangan utama. Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja kapal adalah sudut kemiringan poros propeller. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variasi sudut poros (α) baling-baling terhadap kecepatan dan kemampuan belok kapal. Metode yang digunakan mencakup kombinasi kajian eksperimental dan studi literatur. Lima variasi sudut poros (α) yang diuji, yaitu 0º, 5º, 10º, 15º, dan 20º, menggunakan kapal prototipe. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kecepatan kapal tertinggi 5,70 m/s dicapai pada sudut poros 20º, sementara kecepatan terendah 2,45 m/s terjadi pada sudut poros 0º. Kemampuan belok terbaik 3,29 m diperoleh pada sudut poros 0º, sedangkan kemampuan belok terjauh 7,06 m dicapai pada sudut poros 20º. Kemiringan poros baling-baling memiliki pengaruh signifikan terhadap kecepatan dan kemampuan belok kapal, memberikan informasi penting untuk desain sistem propulsi yang lebih efisien.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Transportasi Laut; Sudut Kemiringan Poros; Kecepatan Kapal; Kemampuan Belok; Efisiensi Propulsi
Subjects: T Teknologi > TJ Teknik Mesin dan Permesinan
Divisions: FAKULTAS SAINS DAN TEKNIK > TEKNIK MESIN > SKRIPSI
Depositing User: Mr Jan Frist Pagendo Purba
Date Deposited: 10 Oct 2024 03:35
Last Modified: 10 Oct 2024 03:35
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/10214

Actions (login required)

View Item View Item