Upaya pengarusutamaan gender berdasarkan permendiknas nomor 84 tahun 2008 di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bangka Belitung

Syilalia, (NIM. 5022011031) (2024) Upaya pengarusutamaan gender berdasarkan permendiknas nomor 84 tahun 2008 di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bangka Belitung. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 84 Tahun 2008 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender Bidang Pendidikan pada Pasal 1 Ayat (1) berbunyi setiap satuan unit kerja bidang pendidikan yang melakukan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dari seluruh kebijakan dan program pembangunan bidang pendidikan agar mengintegrasikan gender di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana upaya implementasi Pengarusutamaan Gender pada Tri Dharma yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Bangka Belitung. Selanjutnya juga melihat bagaimana peluang serta tantangan dalam upaya pengimplementasian Pengarusutamaan Gender ke dalam bagian dari program pendidikan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Teori dari Van Meter dan Van Horn (1975). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan jenis dan sumber data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa FISIP mempunyai upaya dalam mengintegrasikan Pengarusutamaan Gender. Adapun upaya yang dilakukan pada pendidikan yaitu melalui kurikulum mata kuliah gender, kuliah umum, webinar, seminar, workshop, dan sebuah kerja sama dalam memperkuat komitmen serius kampus dalam mewujudkan model penyelenggaran Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mengedepankan Pengarusutamaan Gender. Selanjutnya pada penelitian dan pengabdian, sejalan dengan bidang ilmu dan kajian humaniora Fakultas yaitu sosial dan politik, dosen dan mahasiswa/i tidak terlepas dari kajian topik atau isu masalah yang terjadi dilingkungan masyarakat sebagai pembahasan dalam penelitian dan juga pengabdian, yang dimana melihat bagaimana hubungan dan interaksi masyarakat didalamnya. Selanjutnya terdapat beberapa peluang dengan diterapkannya PUG yaitu meningkatkan kesetaraan gender dalam akses pendidikan dan partisipasi, memperkuat penelitian dan pengajaran yang berspektif gender, mempromosikan budaya yang lebih inklusif dan ramah gender, terciptanya fasilitas fisik sadar gender, meningkatkan citra dan reputasi Fakultas, memperkuat kerjasama dan juga terdapat beberapa tantangan seperti adanya bentuk regulasi, kapasitas kelembagaan, dan tekanan dari masyarakat dalam upaya implementasi kebijakan Pengarusutamaan Gender di FISIP Universitas Bangka Belitung.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Kebijakan; Pendidikan; Pengarusutamaan gender Permendiknas
Subjects: J Ilmu Politik > JA Political science (General)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Darma -
Date Deposited: 09 Sep 2024 06:34
Last Modified: 09 Sep 2024 06:34
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/10125

Actions (login required)

View Item View Item