Dhaffa Nabila Sukanda, (NIM. 2052011058) (2024) Strategi Pemasaran Produk Sabun Cuci Piring Serai Wangi PT. Aroma Wangi Indonesia Kota Pangkalpinang. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan alternatif strategi dan menentukan strategi prioritas dalam pemasaran produk sabun cuci piring serai wangi PT. Aroma Wangi Indonesia di Kota Pangkalpinang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai bulan Juli 2024 di PT. Aroma Wangi Indonesia. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi kasus. Metode pengambilan
sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel berjumlah 5 responden. Metode analisis menggunakan deskriptif kualitatif dan analisis Strengths, Weakness, Opportunities, and Threats (SWOT) dan Quantitative
Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai IFE sebesar 3,06 dan nilai EFE sebesar 3,33. Alternatif strategi yang dapat diterapkan
dalam pemasaran produk sabun cuci piring serai wangi PT. Aroma Wangi Indonesia di Kota Pangkalpinang adalah meningkatkan citra merek dan kualitas
produk, namun tetap mempertahankan harga, mengembangkan dan diversifikasi produk berbahan dasar serai wangi, menjalin kerjasama dengan pasar modern, hotel, dan sektor jasa boga dan mengikuti program pelatihan dari instansi
pemerintahan, menggencarkan pemasaran yang kurang optimal melalui pemasaran digital dan mengikuti event UMKM secara berkala, membuat konsep tata letak dan
penjelasan produk yang menarik, meningkatkan kesesuaian produk yang ditampilkan di sosial media dengan produk yang dipasarkan seperti pemberian testimoni pelanggan hasil penjualan, melengkapkan perizinan dan logo ramah
lingkungan pada kemasan produk untuk membangun kepercayaan konsumen, dan memaksimalkan manajemen operasional untuk meningkatkan keuntungan penjualan. Berdasarkan matriks QSPM, strategi yang menjadi prioritas utama untuk diterapkan adalah menjalin kerjasama dengan pasar modern, hotel, dan sektor jasa boga dan mengikuti program pelatihan dari instansi pemerintahan dengan nilai ∑TAS sebesar 6,90.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, serai wangi, SWOT, QSPM |
Subjects: | H Ilmu Sosial > H Social Sciences (General) H Ilmu Sosial > HB Economic Theory H Ilmu Sosial > HM Sociology |
Divisions: | SKRIPSI > Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi > Agribisnis |
Depositing User: | Mrs Suci Rhomana Sari |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 02:49 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 02:49 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/10107 |
Actions (login required)
View Item |