Rancang bangun alat pengukur torsi dan gaya sepeda motor sederhana

Bendi Winata, (NIM. 1011711047) (2024) Rancang bangun alat pengukur torsi dan gaya sepeda motor sederhana. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB) | Request a copy

Abstract

Dengan berkembang pesatnya dunia otomotif di Indonesia terutama di Bangka Belitung, hal tersebut berpengaruh pula terhadap perkembangan alat yang ada bengkel-bengkel terutama di Laboratorium Teknik Mesin Universitas Bangka Belitung, Salah satunya adalah pengukuran torsi dan daya pada sepeda motor menggunakan hanging scale digital/ timbangan digital. Penelitian mengenai alat sederhana untuk mengukur torsi sepeda motor bertujuan untuk bagaimana merancang alat ukur sederhana dan bagaimana kinerja alat ukur sederhana pada sepeda motor. Alat pengukur torsi dan gaya sepeda motor sederhana dirancang dengan metode french yang meghasilkan panjang alat 900 mm, Lebar 400 mm dan Tinggi 630 mm dengan transmisi penghubung poros roller ke flywheel mengunakan pulley dan V-belt. Pengujian dilakukan sebanyak 3 kali dari sepeda motor dengan kecepatan 2000 rpm. Pengujian ini mengunakan bahan uji sepeda motor honda beat dan sepeda motor honda scoopy 110 cc dengan cara uji coba alat sederhana pengukur torsi ini dengan meletakan roda belakang sepeda motor pada roller yang berputar menuju flywheel yang dihubungkan oleh pulley dan V-belt, lalu dengan kecepatan 2000 rpm speedometer hingga putaran flywheel stabil, kemudian kencangkan rachet tie down yang terhubung ke hanging scale digital dan terhubung oleh tali webbing kopel pada poros flywheel sehingga putaran roda motor behenti dan mehasilkan gaya. Dari pengujian didapatkan hasil rata-rata pada motor honda beat 110 cc dengan diameter roda 517,6 mm dihasilkan gaya sebesar 442,67 N, torsi poros 5621,87 Nmm dan torsi roda 275,88 Nmm. Dan rata-rata pada motor honda scoopy 110 cc dengan diameter roda 484,8 mm dihasilkan gaya sebesar 423,00 N, torsi poros 5372,10 Nmm dan torsi roda 281,46 Nmm. Akurasi alat pada pengujian pada sepeda motor honda beat sebesar 60,14 % dan akurasi alat pada pengujian sepeda motor honda scoopy sebesar 56,48 %.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sepeda Motor, Torsi, Alat Pengukur Torsi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TS Manufactures
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Mr Janfrist Pagendo Purba
Date Deposited: 13 Aug 2024 06:35
Last Modified: 13 Aug 2024 06:35
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/9567

Actions (login required)

View Item View Item