Analisis kemandirian belajar mahasiswa Universitas Bangka Belitung berdasarkan tiga jalur penerimaan mahasiswa

Euis Asriani, S.Si., M.Si., - (2016) Analisis kemandirian belajar mahasiswa Universitas Bangka Belitung berdasarkan tiga jalur penerimaan mahasiswa. Project Report. Universitas Bangka Belitung, Bangka Belitung.

[img] Text
laporan_akhir_EUIS_ASRIANI_S_Si__M_Si.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kemandirian belajar merupakan salah satu indikator kematangan intelektual. Seseorang yang memiliki kemandirian belajar akan terampil dalam memecahkan masalah, mengelola waktu, serta memiliki kemampuan belajar yang tinggi. Mahasiswa Universitas Bangka Belitung, berdasarkan jalur penerimaan masuknya, terbagi tiga kelompok yakni mahasiswa dengan jalur penerimaan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), dan Jalur Mandiri. Sejauh ini belum ada eksplorasi mengenai tingkat kemandirian mahasiswa berdasarkan ketiga jalur penerimaan tersebut. Tujuan dari penelitian yang berjudul Analisis Kemandirian Belajar Mahasiswa Universitas Bangka Belitung Berdasarkan Tiga Jalur Penerimaan Mahasiswa adalah mengetahui tingkat kemandirian belajar mahasiswa Universitas Bangka Belitung berdasarkan tiga jalur penerimaan yang berbeda, mengetahui perbandingan tingkat kemandirian belajar mahasiswa Universitas Bangka Belitung berdasarkan tiga jalur penerimaan yang berbeda, dan mengetahui signifikansi perbedaan tingkat kemandirian belajar mahasiswa Universitas Bangka Belitung berdasarkan tiga jalur penerimaan yang berbeda. . Metode pengambilan data dilakukan dengan metode angket melalui proportional random sampling. Variabel penelitian berupa kemandirian belajar dengan 6 aspek yang diukur meliputi ketidaktergantungan terhadap orang lain, memiliki kepercayaan diri, berperilaku disiplin, memiliki rasa tanggung jawab, berperilaku berdasarkan inisiatif sendiri, dan melakukan kontrol diri. Aspek tambahan yang diukur adalah indeks prestasi kumulatif (IPK). Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh hasil bahwa secara umum tidak terdapat perbedaan signifikan pada tibngkat kemandirian belajar mahasiswa UBB berdasarkan tiga jalur penerimaan. Kemandirian belajar mahasiswa UBB berdasarkan tiga jalur penerimaan secara berurutan dari yang tertinggi hinggi terendah adalah SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri. Mahasiswa jalur SNMPTN memiliki keunggulan pada 3 aspek yaitu kepercayaan diri, kedisiplinan, dan kontrol diri. Sedangkan mahasiswa jalur SBMPTN unggul pada 2 aspek yaitu inisiatif dan ketidaktergantungan terhadap orang lain. Mahasiswa jalur mandiri unggul pada satu aspek yaitu tanggung jawab.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: LAPORAN PENELITIAN DOSEN
Depositing User: Mr Arja Kusuma
Date Deposited: 28 Nov 2018 08:12
Last Modified: 28 Nov 2018 08:12
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/1738

Actions (login required)

View Item View Item