Analisis Pendapatan Dan Tingkat Kesejahteraan Petani Lada Di Desa Air Gegas Kecamatan Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan

Che Che Resti Apriliyanti, (NIM.2051911053) (2024) Analisis Pendapatan Dan Tingkat Kesejahteraan Petani Lada Di Desa Air Gegas Kecamatan Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB) | Request a copy

Abstract

Lada merupakan salah satu komoditas perkebunan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan diusahakan secara turun-temurun sebagai sumber pendapatan. Namun, penyakit kuning yang menyerang menyebabkan turunnya produksi lada, harga lada rendah, dan biaya produksi yang semakin tinggi menjadi masalah yang memengaruhi pendapatan petani lada. Pendapatan yang diterima oleh petani lada akan memengaruhi tingkat kesejahteraan petani lada. Kesejahteraan antarpetani dengan petani lada lainnya bersifat relatif, tergantung bagaimana penilaian masing-masing petani terhadap kesejahteraan itu. Sejahtera bagi petani lada dengan tingkat pendapatan tertentu belum dapat juga dikatakan sejahtera bagi petani lada lain. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menghitung pendapatan usahatani lada dan menganalisis tingkat kesejahteraan petani lada di Desa Air Gegas. Data yang digunakan adalah data primer (data terkait pendapatan dan tingkat kesejahteraan petani lada) dan data sekunder (data perkembangan harga lada, produksi lada 2020-2022, gambaran lapangan, dan data pendukung). Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, dimana pendapatan dihitung dengan microsoft excel 2021 dan tingkat kesejahteraan diukur menggunakan indikator BPS Kabupaten Bangka Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pendapatan rata-rata petani lada Desa Air Gegas sebesar Rp. 14.988.000 per periode tanam per luas garapan dan pendapatan usahatani lada per tahun dengan nilai discount factor sebesar Rp. 2.218.224. 2) Tingkat kesejahteraan petani lada di Desa Air Gegas berada pada tingkat kesejahteraan tinggi sebanyak 29 responden (83 persen) dan tingkat kesejahteraan sedang sebanyak 6 responden (17 persen) dari masing-masing penilaian indikator menurut BPS Kabupaten Bangka Selatan yaitu kependudukan, kesehatan, pendidikan, ketenagakerjaan, pola konsumsi dan pengeluaran, perumahan dan lingkungan, serta sosial lainnya.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan, Lada, Pendapatan, Petani.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi > Agribisnis
Depositing User: Mrs Suci Rhomana Sari
Date Deposited: 30 Aug 2024 02:09
Last Modified: 30 Aug 2024 02:09
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/10146

Actions (login required)

View Item View Item