Analisis Persepsi Masyarakat terhadap Hadirnya Indomaret dan Alfamart di Kota Pangkalpinang

Aufa Syadza, (NIM. 3021711035) (2024) Analisis Persepsi Masyarakat terhadap Hadirnya Indomaret dan Alfamart di Kota Pangkalpinang. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan industri ritel yang berfokus pada penjualan barang secara garis besar terdiri dari ritel modern dan ritel tradisional. Ritel modern merupakan jenis ritel dengan fasilitas tempat yang lebih luas, jenis produk yang beragam, sistem manajemen yang baik serta menawarkan kenyamanan berbelanja dengan sistem fixed cost melalui sistem swalayan Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan metode analisis deskriptif. Populasi Dalam penelitian ini, sumber data menggunakan sampel purposif (purposive sample) yang memfokuskan pada informan-informan terpilih yang kaya dengan kasus untuk studi yang bersifat mendalam. Maka data yang diperlukan untuk mengetahui bagaimanakah persepsi masyarakat terhadap hadirnya Indomaret dan Alfamart adalah data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi maupun studi dokumentasi sumber data adalah subjek dari mana data itu diperoleh. Sampel Konsep sample dalam penelitian adalah bagian kecil dari anggota populasi yang diambil menurut prosedur tertentu sehingga dapat mewakili populasinya secara representatif. Data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Kepustakaan, observasi, kuesioner, wawancara, dokumentasi sangat mendukung hadirnya Indomaret dan Alfamart. Hal ini dikarenakan bisa meningkatkan kemajuan perbelanjaan serta adanya Indomaret maupun Alfamart ini bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar, dikarenakan generasi sekarang atau anak-anak yang baru lulus bisa langsung bekerja dan mendapatkan upah yang lumayan Toko kelontong akan mampu bertahan bagi mereka yang sabar dan yakin, karena toko kelontong juga dibutuhkan masyarakat apabila ingin membeli produk yang eceran. Selain itu, toko kelontong mampu bertahan lama dikarenakan mereka juga dibutuhkan saat konsumen memiliki jarak jauh untuk berbelanja di toko retail. Toko ini banyak ditemukan di daerah persimpangan dimana pemukiman warga sedikit jauh dari toko retail. Berdasarkan uraian di atas adanya dampak yang ditimbulkan oleh toko kelontong sejak munculnya Indomaret dan Alfamart ini, salah satunya adalah penurunan pendapatan hingga kehilangan pelanggan. Toko kelontong belum mampu bersaing dengan toko retail modern ini dikarena strategi pemasaran Indomaret dan Alfamart yang baik dan cerdas seiring perkembangan zaman Pihak pemerintah sebelum memberikan izin pembangunan seharusnya melakukan survey tempat agar Indomart dan Alfamart dibangun tidak terlalu dekat dengan toko kelontong sehingga omset penjualan toko kelontong tidak turun drastis.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Persepsi, Ritel, Masyarakat, dan Toko Kelontong
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Mrs Suci Rhomana Sari
Date Deposited: 22 Aug 2024 01:54
Last Modified: 22 Aug 2024 01:54
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/10063

Actions (login required)

View Item View Item