Peran Corporate Social Responsibility (CSR) PT TIMAH (Persero) Tbk dalam membantu pengembangan UKM di Kota Pangkalpinang

Rara Ayu, (NIM. 2051111031) (2015) Peran Corporate Social Responsibility (CSR) PT TIMAH (Persero) Tbk dalam membantu pengembangan UKM di Kota Pangkalpinang. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (52kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (806kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan CSR PT. Timah (Persero) Tbk dalam pengembangan Usaha Kecil Menengah, mengetahui efektivitas pelaksanaan Program Kemitraan dalam pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) di kota Pangkalpinang ditinjau dari aspek pengembalian pinjaman dana UKM, mengetahui perbedaan pendapatan yang diterima pengusaha Usaha Kecil Menengah (UKM) sebelum dan setelah menjadi mitra binaan Program Kemitraan PT. Timah (Persero) Tbk. Penelitian dilaksanakan ditempat kedudukan PT. Timah (Persero) Tbk di Kota Pangkalpinang yang dimulai sejak bulan Januari 2015 sampai dengan bulan September 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode stadi kasus. Penarikan contoh dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Untuk memecahkan permasalahan dalam penelitian, maka digunakan analisis statistic deskriptif, analisis one sample t test, dan analisis paired sample t test. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (1) Pelaksanaan CSR PT. Timah (Persero) Tbk dilaksanakan dalam bentuk Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Program Kemitraan yang dijalankan PT. Timah (Persero) Tbkmerupakan program-program yang diberikan PT. Timah (Persero) Tbk kepada mitra binaan (UKM). Untuk program kemitraan dengan mitra binaan UKM usaha toko sembako dan industry makanan ini sudah dijalankan cukup baik, dalam serangkaian program yaitu seperti a) pelatihan manajemen kewirausahaan, b) pembinaan, c) pemantauan, d) program pameran, dan e) kredit murah (pinjaman) yang diberikan pada mitra binaan usaha toko sembako dan industry makanan di Kota Pangkalpinang(2) Pengembalian dana pinjaman Program KemitraanPT. Timah (Persero) Tbk dari UKM usaha toko sembako dan industry makanan di Kota Pangkalpinang dinilai efektif. Hal ini ditandai dengan adanya pengembalian dana pinjaman dari mitra binaannya melebihi 80% dari target yang ditetapkan PT.Timah (Persero) Tbk(3) Pendapatan kelompok UKM usaha toko sembako dan industry makanan perbulannya sebelum dan setelah menjadi mitra binaan adalah tidak sama atau berbeda nyata. Adapun selisih pendapatan UKM usaha toko sembako dan industry makanan sebelum dan setelah menjadi mitra binaan PT. Timah (Persero) Tbk adalah sebesar 2.182.979, yang berarti bahwa Program Kemitraan PT. Timah (Persero) Tbk yang telah diberikan kepada para mitra binaan UKM usaha toko sembako dan industry makanan di Kota Pangkalpinang ini berbeda secara nyata atau berhasil secara signifikan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis, CSR PT. Timah (Persero) Tbk, UKM
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi > Agribisnis
Depositing User: Nia Erawati
Date Deposited: 26 Jul 2018 05:39
Last Modified: 26 Jul 2018 05:39
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/910

Actions (login required)

View Item View Item