Perlindungan hukum terhadap konsumen atas pembelian perumahan bersubsidi di PangkalPinang ditinjau dari Undang-Undang nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen

Try Maretha, (NIM. 4011211109) (2016) Perlindungan hukum terhadap konsumen atas pembelian perumahan bersubsidi di PangkalPinang ditinjau dari Undang-Undang nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (920kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perumahan dan pemukiman merupakan upaya untuk memenuhi salah satu kebutuhan dasar manusia, sekaligus untuk meningkatkan mutu lingkungan kehidupan memberi arah pada pertumbuhan wilayah, memperluas lapangan kerja serta menggerakkan kegiatan ekonomi dalam rangka peningkatan dan pemerataan kesejahteraan rakyat. Sehubungan dengan itu upaya pembangunan perumahan dan pemukiman terus ditingkatkan untuk menyediakan perumahan dengan jumlah yang makin meningkat, dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat terutama golongan yang berpenghasilan rendah dan dengan tetap memperhatikan persyaratan, minimum bagi perumahan dan pemukiman yang layak, sehat, aman dan serasi. Salah satu program pemerintah tentang perumahan bersubsidi dapat menjadi alternatif masyarakat dalam memiliki perumahan murah, yang kredit perumahan tersebut di peruntukkan bagi masyarakat yang berpenghasilan menengah ke bawah dalam memenuhi kebutuhan perumahan. Penelitian ini menjabarkan apakah perlindungan hukum terhadap konsumen atas pembelian perumahan bersubsidi telah dilindungi. Penelitian ini juga bertujuan untuk melihat efektivitas tanggung jawab yang diberikan oleh developer/pengembang terhadap konsumen. Penelitian ini menggunakan penelitian Yuridis Empiris, yaitu penelitian yang diawali dengan penelitian normatif, yang dilanjutkan dengan observasi yang mendalam serta penyebarluasan quesioner, untuk mendapatkan data non hukum yang terkait dan berpengaruh terhadap peraturan perundangundangan yang diteliti. Analisis data dilakukan secara kualitatif yaitu pemikiran, makna, cara pandang manusia mengenai gejala-gejala yang menjadi fokus penelitian. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa perlindungan hukum terhadap konsumen atas perumahan bersubsidi terlindungi dan ada pertanggung jawaban tetapi hanya berupa perbaikan yang dilakukan oleh pengembang/developer atas kerusakan fasilitas dalam perumahan bersubsidi.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perjanjian, Perlindungan Konsumen, dan Perumahan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Hukum > Ilmu Hukum > Konsentrasi Keperdataan
Depositing User: Mrs Neli Maryati
Date Deposited: 26 Jul 2018 05:36
Last Modified: 26 Jul 2018 05:36
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/905

Actions (login required)

View Item View Item