Rancang bangun sistem pemantauan suhu ruangan dan pengendalian menggunakan arduino dengan aplikasi android berbasis Sms Gateway

Eki Femitra Fratama, (NIM. 1021011002) (2016) Rancang bangun sistem pemantauan suhu ruangan dan pengendalian menggunakan arduino dengan aplikasi android berbasis Sms Gateway. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (639kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (666kB) | Preview

Abstract

Suhu atau temperatur udara merupakan kondisi yang dirasakan di permukaan bumi sebagai panas, sejuk atau dingin. Sistem pemantauan pada saat ini sudah semakin maju seiring dengan berkembangnya teknologi yang ada. Kurangnya sistem pemantauan suhu ruangan adalah salah satu faktor fatal yang dapat membahayakan, dengan melakukan pemantauan dari jarak jauh kita dapat mengetahui keadaan suhu suatu ruangan tanpa harus melihat langsung keadaan dari ruangan tersebut. Sebuah sistem yang dipergunakan oleh penyedia jasa untuk mengirim maupun menerima SMS. SMS Gateway biasanya digunakan untuk memudahkan seseorang atau sebuah perusahaan untuk mengirimkan SMS dengan pesan yang sama pada banyak orang dalam waktu yang bersamaan. Dengan mengaplikasikan sistem dari SMS Gateway dalam memantau suhu ruangan dan mengendalikan dengan mikrokontroler diharapkan dapat mempermudah dan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memantau suhu ruangan secara langsung. Pada saat perangkat diletakkan di ruangan yang menggunakan AC (Air Conditioner) suhu yang didapat oleh sistem adalah 27oC sebelum AC dinyalakan. Setelah AC dinyalakan, data suhu yang didapatkan oleh sistem adalah 23 oC. Dari hasil percobaan sistem, perbedaan suhu antara termometer dengan sistem sebesar 1 oC dan dapat ditoleransi. Untuk waktu pengiriman pesan ke sistem rata-rata waktu yang diperlukan untuk pesan sampai ke SIM900A adalah 5 detik dengan rata-rata waktu balasan ke operator 16-24 detik.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mikrokontroler, SIM900A, SMS, SMS Gateway, Suhu
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Nia Erawati
Date Deposited: 23 Jul 2018 01:38
Last Modified: 23 Jul 2018 01:38
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/850

Actions (login required)

View Item View Item