Interaksi sosial antara masyarakat pendatang perumahan transmigrasi terhadap masyarakat lokal di Desa Kayu Besi, Kecamatan Puding Besar, Kabupaten Bangka

Muhammad Hasan Saidi, (NIM. 5011111014) (2016) Interaksi sosial antara masyarakat pendatang perumahan transmigrasi terhadap masyarakat lokal di Desa Kayu Besi, Kecamatan Puding Besar, Kabupaten Bangka. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (572kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (991kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Interkasi Sosial Antara Masyarakat Pendatang Perumahan Transmigrasi Terhadap Masyarakat Lokal Di Desa Kayu Besi, Kecamatan Puding, Besar Kabupaten Bangka. Ada pun permasalahan yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana proses interaksi sosial yang terjadi antara masyarakat pendatang perumahan transmigrasi terhadap masyarakat lokal dan mengidentifikasi faktor – faktor yang mempengaruhi proses interaksi sosial antara masyarakat pendatang perumahan transmigrasi terhadap masyarakat lokal. Penelitian ini menggunakan teori interaksi sosial dari Gillin dan Gillin. Dimana interaksi sosial dibagi menjadi tiga bagian yaitu proses interaksi sosial, faktor-faktor pendorong interaksi sosial, dan faktor-faktor penghambat interaksi sosial. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan yang diwawancarai berjumlah 17 orang, dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses interaksi sosial yang terjadi antara masyarakat pendatang perumahan transmigrasi terhadap masyarakat lokal berjalan baik. Meskipun perbedaan latar belakang kehidupan yang berbeda, akan tetapi hal tersebut tidak menjadi penghalang signifikan dalam membangun kehidupan yang harmonis. Proses interaksi sosial antara masyarakat pendatang perumahan terhadap masyarakat lokal dapat dilihat dari kontak sosial dan komunikasi yang menunjukkan sikap saling mengahargai. Kerja sama, ditandai partisipasi bersama serta tolong menolong dalam kegiatan sosial dan keagamaan. Akomodasi masyarakat pendatang perumahan transmigrasi terhadap masyarakat lokal dapat berjalan cepat dan lambat. Adapun faktor – faktor yang mempengaruhi proses interaksi sosial antara masyarakat pendatang perumahan transmigrasi terhadap masyarakat lokal yaitu faktor pendorong interaksi sosial, komunikasi yang dilakukan masyarakat pendatang sebagai dorongan untuk memenuhi kebutuhan hidup, sugesti dari peran kelembagaan di desa, simpati dari masyarakat lokal terhadap masyarakat pendatang, dan imitasi masyarakat pendatang terhadap budaya serta adat masyarakat lokal. Selanjutnya faktor-faktor penghambat interaksi sosial yaitu perbedaan bahasa dan kesalahpahaman komunikasi.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial, Masyarakat Pendatang, Masyarakat Lokal, dan Perumahan Transmigrasi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Sosiologi
Depositing User: Nia Erawati
Date Deposited: 18 Jul 2018 07:17
Last Modified: 18 Jul 2018 07:17
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/729

Actions (login required)

View Item View Item