Pengaruh massa refrigerant terhadap waktu pendinginan ruangan dengan variasi temperatur pada sistem permodelan ac di Laboratorium Teknik Mesin Universitas Bangka Belitung

Kurnain, (NIM. 1011211022) (2017) Pengaruh massa refrigerant terhadap waktu pendinginan ruangan dengan variasi temperatur pada sistem permodelan ac di Laboratorium Teknik Mesin Universitas Bangka Belitung. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Refrigerant adalah suatu jenis zat yang mudah diubah wujudnya dari gas menjadi cairan. Refrigerant yang mengalir melalui komponen Air Conditioner untuk menghasilkan efek mendinginkan dengan cara menyerap panas melalui ekspansi dan evaporasi (penguapan). Di Laboratorium Universitas Bangka Belitung belum ada alat untuk peratikum mahasiswa Teknik Mesin. Proses belajar mengajar mahasiswa hanya dijelaskan dasar-dasar sirkulasi sistem kerja AC, prinsip kerjanya saja dan komponen-komponen sistem AC yang real mahasiswa tidak banyak mengetahuinya. Jadi mahasiswa harus mengetahui komponen- komponen sistem AC yang real, media sistem AC yang berbentuk papan panel untuk praktek praktikum mata perkuliahan Konversi Energi yang belum mempunyai media tersebut. Tujuan dari pembuatan permodelan AC ini untuk mengetahui pengaruh massa refrigerant terhadap waktu pada ruangan yang diuji. Pada tahap perhitungan ini untuk mengetahui waktu temperatur pada AC LG ½ PK dengan massa refrigerant yang bervariasi refrigerant 0,26 kg, hasil dari temperatur 220C waktu 37 menit 28 detik. Variasi refrigerant 0,25 kg, 0,24 kg,0,23 kg, 0,22 kg, dengan variasi temperatur, temperatur 200C waktu 42 menit 36 detik, temperatur 180C waktu 49 menit 24 detik. Analisa dari hasil penelitian didapatkan bahwa semakin diturunkan massa refrigerant maka semakin lama waktu untuk mendinginkan ruangan, sehingga berpengaruh terhadap kompresor dan mesin akibat refrigerant semakin sedikit. Dari hasil yang didapat waktu yang paling lama waktu pengujian temperatur 180C.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Refrigerant, temperatur, AC
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Neli Maryati
Date Deposited: 14 Mar 2018 04:01
Last Modified: 14 Mar 2018 04:01
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item View Item