Rancang bangun punch dan dies untuk proses embossing kerajinan pewter dengan variasi kedalaman kontur tulisan pada punch 20

Irwansyah, (NIM. 1011211019) (2017) Rancang bangun punch dan dies untuk proses embossing kerajinan pewter dengan variasi kedalaman kontur tulisan pada punch 20. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (893kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (948kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (878kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (380kB) | Preview

Abstract

Kerajinan yang paling terkenal dan sangat laris dipasaran adalah gantungan kunci dengan bentuk koin. Dalam pembuatan kerajinan tersebut industri-industri pewter masih menggunakan teknik pengecoran dengan cetakan. Dimana cetakannya terbuat dari karet tahan panas atau cetakan yang terbuat dari bahan silikon. Di dalam perkembangan teknologi sekarang banyak alat bantu produksi yang di rancang menghasilkan suatu produk dengan lebih efektif dan lebih efisien. Salah satu dari sekian banyak alat bantu produksi yang bisa digunakan untuk produk dalam bentuk massal dan membutuhkan waktu yang relatif sedikit adalah Presstool. Langkah pengujian presstool untuk proses embossing kerajinan pewter dimulai dengan persiapan pada benda uji yaitu pewter berbentuk pelat dengan lebar 5 cm, panjang 15 cm dan tebal 2 mm. kemudian dilanjutkan dengan persiapan alat pengujian terdiri dari mesin press hidraulic, presstool, besi bulat dan jangka sorong. Variasi kedalaman kontur tulisan pada punch 20 yang digunakan pada penelitian ini adalah 0,3 mm, 0,4 mm, dan 0,5 mm. Menggunakan material baja ST 45. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Las dan Fabrikasi Logam Politeknik Manufaktur Timah Di Air Kantung, Sungailiat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedalaman kontur tulisan yang paling baik adalah kedalaman 0,5 mm , hal ini terlihat dari hasil embossing pada koin berbahan pewter yang sangat jelas. Dan waktu pemotongan 3 detik untuk 1 koin dibandingkan dengan teknik pengecoran pewter yang membutuhkan waktu 5 menit untuk 3 buah koin.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Embossing, Pewter, Presstool.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Neli Maryati
Date Deposited: 14 Mar 2018 01:50
Last Modified: 14 Mar 2018 01:50
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/556

Actions (login required)

View Item View Item