Pola asuh orang tua difabel terhadap anak normal (studi pada keluarga Tunadaksa di Sungailiat)

Rezky Junianto, (NIM. 5011411053) (2019) Pola asuh orang tua difabel terhadap anak normal (studi pada keluarga Tunadaksa di Sungailiat). skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img]
Preview
Text
HAL DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Pengasuhan orang tua merupakan fungsi penting yang harus dilakukan orang tua terhadap anak tanpa terkecuali pada keluarga tunadaksa. Kondisi fisik yang dialami oleh orang tua tunadaksa memang tidak seperti pada orang tua normal lainnya, akan tetapi mereka memiliki strategi didikan yang berbeda dengan orang tua lainnya hal ini guna memberikan didikan yang terbaik bagi anak. Tujuan penelitian ini guna untuk mendeskripsikan/ menjelaskan tentang pola pengasuhan orang tua tunadaksa terhadap anak di dalam keluarga. Penelitian ini menggunakan teori proses sosialisasi dari Hurlock. Teori ini digunakan untuk melihat pola asuh/proses komunikasi yang di lakukan orang tua tunadaksa terhadap anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tak terstruktur, pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan 14 orang, Observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini ada tiga tahapan yakni, kodifikasi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa didikan orang tua tunadaksa di setiap keluarga memiliki strategi dan pendekatan berbeda-beda terhadap anak tergantung dari penerimaan serta sifat dari anak tersebut. Mayoritas didikan yang digunakan oleh orang tua tunadaksa menggunakan didikan bersifat demokratis. Pada didikan yang bersifat demokratis, orang tua tunadaksa selalu memberikan bimbingan serta arahan yang membangun kepada anak. Orang tua tunadaksa juga sering memberikan motivasi terhadap anak, dan apabila anak sedang menghadapi masalah orang tua akan melakukan pendekatan serta memberikan arahan mengenai permasalahan tersebut. Hasil didikan demokratis tersebut membuat anak lebih percaya diri serta mandiri di dalam lingkungan sosialnya.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: orang tua, asuhan, tunadaksa.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Sosiologi
Depositing User: Mr Janfrist Pagendo Purba
Date Deposited: 12 Jun 2019 04:14
Last Modified: 12 Jun 2019 04:14
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/2547

Actions (login required)

View Item View Item