Model hubungan antara volume, kecepatan, dan kepadatan pada ruas jalan raya tipe 4 lajur 2 arah tak terbagi (4/2UD) (Studi Kasus Jalan Masjid Jamik Kota Pangkalpinang)

Rio Aditia, (NIM. 1041011008) (2016) Model hubungan antara volume, kecepatan, dan kepadatan pada ruas jalan raya tipe 4 lajur 2 arah tak terbagi (4/2UD) (Studi Kasus Jalan Masjid Jamik Kota Pangkalpinang). skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Pada beberapa lokasi prasarana jalan tipe 2 arah tak terbagi khususnya tipe 4 lajur (4/2UD) pada kota-kota besar di Indinesia termasuk di kota Pangkalpinang, permasalahan kemacetan dan tundaan arus lalu lintas sudah sering terjadi. Untuk mencari solusi manajemen lalu lintas pada penanganan prasarana jalan tersebut, maka terlebih dahulu diperlukan studi mengenai karakteristik arus lalu lintas secara umum dan model hubungan antar karakteristik arus lalu lintas tersebut secara khusus. Dalam kontek tersebut, studi ini bertujuan memodelkan hubungan antar karakteristik volume (V), kecepatan (S), dan kepadatan (D) arus lalu lintas, untuk selanjutnya mengevaluasi model hubungan V-S-D yang sesuai dengan kondisi arus lalu lintas yang ada. Survei data pada ruas jalan tipe 4/2 UD dilakukan pada ruas yaitu Jl. Masjid Jamik merupakan salah satu jalan arteri di kota Pangkalpinang. Penganbilan data studi meliputi data volume lalu lintas, kecepatan lalu lintas, kondisi geometrik jalan dan data faktor-faktor penyesuaian kondisi jalan dan wilayah studi. Metode pengambilan data volume dan kecepatan lalu lintas dilakukan dengan metode manual, untuk data geometrik jalan dan beberapa data faktor penyesuaian jalan, dilakukan dengan observasi langsung pada ruas jalan tersebut diatas. Sedangkan data faktor penyesuaian akhirnya, diperoleh dengan cara survei sekunder pada instansi terkait. Pemecahan data lalu lintas dilakukan selama 1 hari dengan periode waktu dilakukan dengan periode waktu survei dilakukan pada periode jam puncak, yaitu pukul 06.00-18.00 WIB. Analisis data karakteristik lalu lintas didasarkan pada metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Sedangkan studi model matematis yang dilakukan meliputi analisis model Greenshield dan model Greenberg. Untuk evaluasi model yang sesuai, dilakukan anasisis nilai koefisien korelasi (r) dari setiap model yang ada. Dari hasil analisis dan evaliasi model terlihat bahwa untuk ruas jalan tipe 4/2 UD, model hubungan V-S-D yang sesuai untuk Jl. Masjid Jamik adalah model Greenberg dengan persamaan model V = -1082.ln(S) + 5243 untuk hubungan antara Volume dan Kecepatan (V-S); V = 610,4.ln(D) – 847,0 untuk hubungan antara Volume dan Kepadatan (V-D); dan S = -19,2.ln(D) + 106,1 untuk hubungan antara Kecepatan dan Kepadatan (S-D).

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model hubungan, Volume, Kecepatan, Kepadatan, Greenshield, Greenberg
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Mrs Nia Erawati
Date Deposited: 30 Jul 2018 02:48
Last Modified: 30 Jul 2018 02:48
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/1086

Actions (login required)

View Item View Item