Pola pendidikan pada sekolah inklusi (studi pada Sekolah Dasar Negeri 3 Sungailiat)

Yogga Aikal Fiqri, (NIM. 5011311098) (2017) Pola pendidikan pada sekolah inklusi (studi pada Sekolah Dasar Negeri 3 Sungailiat). skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (751kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
PENUTUP.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu rencana demi mewujudkan suasana belajar dan pembelajaran agar anak didik secara aktif mengembangkan potensi diri. Pendidikan saat ini mengalami perkembangan dimana salah stu perkembangan pendidikan adalah pembentukan lembaga pendidikan yang berupa pendidikan inklusi. Pendidikan inklusi merupakan sekolah yang telah menggabungkan antara anak ABK dengan anak normal untuk mengenyam pendidikan di dalam lingkungan sekolah yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pendidikan yang ada di SD Negeri 3 Sungailiat. Kendala apa saja yang dihadapi tenaga pendidik dalam menghadapi siswa dan siswi di SD Negeri 3 Sungailiat.Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Interaksi Edukasi dari Thomas Gordon. Jenis dan Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah informan 8 orang.Berdasarkan penelitian yang dilakukan di lapangan bahwa pada tahap ini, pola pendidikan yang diterapkan terdiri dari dua identifikasi yaitu pola pendidikan pada anak normal dan pola pendidikan pada anak ABK. Adapun pola pendidikan pada anak normal tersebut berupa Kreatifitas dan inovasi dalam proses pembelajaran, Teknik Penyampaian Materi serta pola pendidikan pada anak ABK tersebut berupa Pengurangan Bobot atau Porsi Materi yang Diberikan Kepada Murid, Penggunaan alat bantu proses pemebelajaran , Belajar Sambil Bermain, serta penggabungan anak didik pada mata pelajaran tertentu. Hal ini dilakukan mengingat bahwa anak didik di SD Negeri 3 Sungailiat tidak hanya terdapat anak normal saja tetapi terdapat anak ABK. Kondisi ini secara bersamaan menjadikan pendidik mengalami beberapa kendala dalam menghadapi siswa dan siswi di SD Negeri 3 Sungailiat. Kendala-kendala tersebut berupa sulitnya menyampaikan materi, Interaksi antara siswa ABK dengan siswa lainnya (siswa normal) di lingkungan sekolah, Orang Tua siswa tidak menerima bahwa anak mereka memiliki keterbatasan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola pendidikan, pendidikan inklusi, dan SD Negeri 3 Sungailiat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Sosiologi
Depositing User: Darma -
Date Deposited: 12 Mar 2018 02:34
Last Modified: 12 Mar 2018 02:34
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/471

Actions (login required)

View Item View Item