Brandingisasi Wisata(Model Pengembangan Pariwisata Berbasis Momentum Laskar Pelangi di Pulau Belitung)

Nizwan Zukhri, SE., MM., - (2015) Brandingisasi Wisata(Model Pengembangan Pariwisata Berbasis Momentum Laskar Pelangi di Pulau Belitung). Project Report. Universitas Bangka Belitung, Bangka Belitung.

[img] Text
laporan_akhir_NIZWAN_ZUKHRI_S_E___M_M_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Boomingnya Laskar Pelangi telah menjadi tonggak awal kebangkitan pariwisata di Pulau Belitung, hal ini sejalan dengan kebijakan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang akan menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu lokomotif utama penggerak perekonomian seiring dengan memudarnya timah sebagai sumber utama pendapatan daerah. Penelitian ini akan penting artinya bagi Negara beribu pulau seperti Indonesia yang menempatkan sektor pariwisata sebagai salah satu sektor andalan penerimaan negara. Penelitian ini bertujuan untuk merancang model pengembangan pariwisata berbasis momentum Laskar Pelangi di Pulau Belitung yang representative melalui kajian teoritis dan aplikatif. Tujuan puncak dari penelitian ini adalah merumuskan model pengembangan pariwisata berbasis momentum, yang mana model pengembangan pariwisata tersebut dapat dijadikan sebagai model percontohan dalam pengembangan pariwisata bagi daerah-daerah lain di Indonesia, tentunya dengan momentum dan potensi yang berbeda. Penelitian ini melibatkan berbagai stakeholders di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terkhusus lagi di Pulau Belitung yang meliputi Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur. Sebagai sebuah model, penelitian ini tidak akan berhenti pada level konsep model, tetapi akan menawarkan penerapan model pengembangan pariwisata yang dirancang, dianalisis, dievaluasi secara berkala, dan dilakukan penyempurnaan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa telah terjadi perubahan kondisi social ekonomi yang signifikan di Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur, hal ini ditunjukkan dengan data yang ada berupa meningkatnya jumlah hotel dan jumlah kamar hotel, meningkatnya jumlah penerbangan yang terjadi di Bandara Hanandjoedin Tanjung Pandan, meningkatnya pendapatan perkapita, jumlah restoran, rumah makan, usaha kuliner, dan lain-lain. Model Pengembangan pariwisata yang dihasilkan, yaitu kombinasi dari dua alternatif model yang ada yaitu model badan otorita yang dipadukan dengan model forum kerjasama.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Brandingisasi, momentum laskarpelangi, Pengembangan pariwisata
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: LAPORAN PENELITIAN DOSEN
Depositing User: Mr Arja Kusuma
Date Deposited: 28 Nov 2018 08:10
Last Modified: 28 Nov 2018 08:10
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/1729

Actions (login required)

View Item View Item