Stephanie Putri Ira Habeahan, (NIM. 1041711046) (2024) Analisis Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Tingkat Pelayanan Jalan Sutomo di Kota Medan. skripsi thesis, UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG.
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (485kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (132kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (231kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (288kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (498kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (98kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (123kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Jalan Sutomo di Kota Medan memiliki tingkat pergerakan kendaraan yang tinggi sehingga sering terjadinya kemacetan lalu lintas. Selain itu banyak ditemukan hambatan samping yang menyebabkan pergerakan kendaraan menjadi terganggu. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis pengaruh hambatan samping terhadap tingkat pelayanan Jalan Sutomo di Kota Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kondisi eksisting dan pengaruh hambatan samping terhadap tingkat pelayanan Jalan Sutomo di Kota Medan. Metode yang digunakan adalah survey secara langsung ke lapangan. Lokasi penelitian berada pada STA 0+050 sampai STA 0+450 yang terbagi dalam 2 segmen yaitu segmen A dan segmen B. Survey dilakukan selama 2 hari pada Jumat (weekday) dan Sabtu (weekend) dengan durasi 2 jam per periode waktu yaitu periode pagi, siang, dan sore. Acuan yang digunakan adalah Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997). Data sekunder berupa jumlah penduduk Kota Medan tahun 2022 dan STA jalan. Data primer berupa data geometrik jalan, volume lalu lintas, dan hambatan samping. Jalan Sutomo adalah jalan dengan tipe 4/1 UD (tak terbagi) dan lebar 15,7 meter. Hasil analisis volume lalu lintas yang terpadat pada hari Jumat segmen A adalah 2796 kend/jam, sedangkan segmen B adalah 4272 kend/jam. Total hambatan samping paling banyak pada segmen A adalah 1401 kejadian/200m/jam, sedangkan segmen B adalah 1295 kejadian/200m/jam. Jumlah volume lalu lintas yang terpadat pada Sabtu segmen A adalah 2800 kend/jam, sedangkan pada segmen B adalah 5151 kend/jam. Jumlah hambatan samping yang paling banyak terjadi pada segmen A adalah 1442 kejadian/200m/jam, sedangkan segmen B adalah 1361 kejadian/200m/jam. Hasil analisis menunjukkan bahwa kondisi eksisting hambatan samping pada ruas Jalan Sutomo adalah hambatan samping dengan kelas sangat tinggi (VH). Hambatan samping yang terjadi pada lokasi penelitian adalah pejalan kaki, kendaraan bergerak lambat, kendaraan keluar/masuk, dan kendaraan berhenti/parkir. Pejalan kaki dan kendaran yang berhenti/parkir merupakan hambatan samping yang paling dominan terjadi pada lokasi penelitian. Hasil analisis derajat kejenuhan pada ruas Jalan Sutomo adalah 1,230 segmen A dan 1,852 segmen B pada hari Jumat, sedangkan pada hari Sabtu adalah 1,151 segmen A dan 2,419 segmen B. Berdasarkan hasil dari nilai derajat kejenuhan yang lebih dari 1 maka nilai tingkat pelayanan Jalan Sutomo di Kota Medan adalah F. Nilai tingkat pelayanan jalan F merupakan jalan yang memiliki arus lalu lintas terhambat/macet dan kecepatan kendaraan yang rendah.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hambatan samping, tingkat pelayanan jalan, volume lalu lintas |
Subjects: | T Teknologi > TA Teknik (Umum). Teknik Sipil (Umum) |
Divisions: | SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Mr Arja Kusuma |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 08:25 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 08:25 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/9643 |
Actions (login required)
View Item |