Pengaruh jarak tanam dan periode penyiangan terhadap pertumbuhan dan produksi Bawang Merah (Allium ascalonicum L.) pada lahan ultisol di Kabupaten Bangka

Edi Saputra, (NIM. 2011011020) (2015) Pengaruh jarak tanam dan periode penyiangan terhadap pertumbuhan dan produksi Bawang Merah (Allium ascalonicum L.) pada lahan ultisol di Kabupaten Bangka. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jarak tanam yang tepat terhadap pertumbuhan hasil bawang merah, mengetahui periode penyiangan yang tepat terhadap pertumbuhan bawang merah serta mengetahui interaksi jarak tanam dan waktu penyiangan yang tepat terhadap pertumbuhan hasil bawang merah. Penelitian ini dilakukan dari bulan Mei 2014 sampai dengan bulan Juli 2014 yang dilaksanakan di lahan kebun percobaan Fakultas Pertanian Perikanan dan Biologi Universitas Bangka Belitung. Metode penelitian yang menggunakan Rancangan Acak Kelompok Faktorial (RAKF) yang terdiri dari 12 kombinasi perlakuan dengan dua faktor dan 3 blok (kelompok). Perlakuan pertama yaitu jarak tanam (JT) dengan 2 taraf dan perlakuan dua yaitu waktu penyiangan (P) dengan 6 taraf. J1 = jarak tanam 10 x 15 cm dan J2 = jarak tanam 20 x 15 cm. P0 = tanpa penyiangan, P1 = penyiangan selama 7 HST, P2 = penyiangan selama 14 HST, P3 = penyiangan selama 21 HST, P4 = penyiangan selama 28 HST, P5 = penyiangan sampai panen. Pengolahan data dengan menggunakan program Statistikal Analitik System (SAS). Hasil penelitian menunjukan bahwa jarak tanam yang tepat terhadap pertumbuhan hasil bawang merah adalah 20 x 15 (J2), waktu penyiangan gulma yang tepat terhadap pertumbuhan hasil bawang merah adalah waktu peyiangan sampai panen (P5) dan interaksi jarak tanam 20 x 15 cm dengan waktu penyiangan sampai panen (J2P5)yang tepat terhadap pertumbuhan hasil bawang merah.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bawang Merah, Jarak Tanam, PeriodePenyiangan, Tanah Ultisol
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi > Agroteknologi
Depositing User: Nia Erawati
Date Deposited: 26 Jul 2018 05:53
Last Modified: 26 Jul 2018 05:53
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/948

Actions (login required)

View Item View Item