Analisis Efisiensi Pemasaran Nanas (Ananas Comosus L.) Di Desa Badau Kecamatan Badau Kabupaten Belitung

Gebrieli Adzroo Atiiqoh, (NIM. 2051711025) (2024) Analisis Efisiensi Pemasaran Nanas (Ananas Comosus L.) Di Desa Badau Kecamatan Badau Kabupaten Belitung. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan pola saluran pemasaran dan fungsi pemasaran nanas (2) menghitung biaya pemasaran dan marjin pemasaran dari setiap lembaga saluran pemasaran nanas (3) menganalisis besar tingkat efisiensi pemasaran nanas di Desa Badau Kecamatan Badau Kabupaten Belitung. Penentuan sampel dilakukan dengan metode snowball sampling berdasarkan informasi alur pemasaran. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 30 petani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Saluran pemasaran buah nanas di Desa Badau Kecamatan Badau Kabupaten Belitung terdiri dari 4 saluran pemasaran yaitu saluran I merupakan saluran yang terdiri dari petani - konsumen akhir. Saluran II merupakan saluran yang terdiri dari petani pedagang pengecer - konsumen akhir. Saluran III merupakan saluran yang terdiri dari petani -pedagang tengkulak - pedagang pengecer - konsumen akhir. Saluran IV merupakan saluran yang terdiri dari petani - pedagang besar- pedagang pengecer - konsumen akhir. Nilai efisiensi pemasaran pada saluran I, II dan III sebesar 15,28 %, 14,89 % dan 24,69 % ≤ 50% yang berarti bahwa saluran I sampai III efisien. Sedangkan untuk saluran IV memiliki nilai efisiensi pemasaran sebesar 52,86 % ≥ 50%, yang menunjukkan bahwa saluran IV tidak efisien karena memiliki nilai efisiensi pemasaran lebih besar dari 50%.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Saluran Pemasaran, Biaya Pemasaran, Marjin Pemasaran, Efsiensi Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi > Agribisnis
Depositing User: Mrs Suci Rhomana Sari
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:27
Last Modified: 19 Jul 2024 03:27
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/9476

Actions (login required)

View Item View Item