Analisis hukum terhadap kecelakaan tambang ditinjau dari Pasal 359 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana tentang Kelalaian (Studi Kasus Kecelakaan Tambang PT Putra Tongga Samudera Mitra PT Timah di Polres Sungailiat)

Febry Aginta Ginting, (NIM. 4011211038) (2016) Analisis hukum terhadap kecelakaan tambang ditinjau dari Pasal 359 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana tentang Kelalaian (Studi Kasus Kecelakaan Tambang PT Putra Tongga Samudera Mitra PT Timah di Polres Sungailiat). skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (507kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (439kB) | Preview

Abstract

Kecelakaan tambang adalah setiap kecelakaan yang menimpa pekerja tambang atau orang yang mendapat izin masuk pada kegiatan usaha pertambangan. Dalam Keputusan Menteri Pertambangan dan Energi tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pertambangan Umum Nomor 555.K/26/M.PE/1995 ada syarat suatu kejadian dikatakan kecelakaan tambang yakni harus memenuhi unsur, benar-benar terjadi, mengakibatkan cidera pekerja tambang, akibat kegiatan usaha pertambangan, terjadi pada jam kerja pekerja tambang , dan terjadi dalam wilayah kegiatan usaha pertambangan. Apabila satu saja tidak terpenuhi maka itu tidak dapat dikategorikan sebagai kecelakaan tambang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis-empiris untuk menjawab permasalahan ini. Dalam kecelakaan yang terjadi pada PT. Putra Tongga Samudera Mitra dari PT. Timah. Ini ada suatu kesalahan yang dilakukan oleh perusahaan sehingga menyebabkan orang lain meninggal dunia. Maka dari itu pasal 359 KUHP dapat diterapan pada kecelakaan ini karena ada unsur kelalaianya dan pelaku juga dapat dipertanggungjawabkan perbuatannya beradasarkan teori kelalaian dalam hukum pidana.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pertambangan, Kelalaian, Dan Kecelakaan Tambang
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Hukum > Ilmu Hukum > Konsentrasi Hukum Pidana
Depositing User: Mrs Neli Maryati
Date Deposited: 26 Jul 2018 06:52
Last Modified: 26 Jul 2018 06:52
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/944

Actions (login required)

View Item View Item