Strategi Pengembangan Pemasaran Sawi Pakcoy (Brassica Rapa Chinensis) Kelompok Tani Pemuda Makmur Di Desa Tiang Tara

Rafli Dwifaqih Syecan Ali, (NIM.2051711036) (2024) Strategi Pengembangan Pemasaran Sawi Pakcoy (Brassica Rapa Chinensis) Kelompok Tani Pemuda Makmur Di Desa Tiang Tara. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi pengembangan pemasaran sawi pakcoy oleh Kelompok Tani Pemuda Makmur di desa Tiang Tara. Penelitian ini dilaksanakan bulan Oktober 2023 pada Kelompok Tani Pemuda Makmur di Desa Tiang Tara. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan metode penarikan contoh yang digunakan dalam penelitian adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 16 orang. Metode pengumpulan data adalah menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode studi pustaka, dan metode kuisioner. Metode analisis data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah pertama yaitu menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) sedangkan metode analisis data untuk menjawab rumusan masalah kedua yaitu menggunakan matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Hasil penelitian adalah 1) hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa dari hasil matriks IFE Kelompok Tani Pemuda Makmur memiliki kekuatan sebesar 2,54 dan kelemahan sebesar 0,54, dengan total skor 3,08. Sedangkan hasil matriks EFE menunjukkan peluang sebesar 1,35 dan ancaman sebesar 1,62, dengan total skor 2,97. Hasil analisis SWOT berada pada kuadran dua dalam diagram matriks kartesius SWOT yang artinya strategi yang harus diterapkan adalah menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang jangka panjang dengan cara strategi diversifikasi (produk/pasar). Dari perhitungan matriks perencanaan kombinasi strategi, didapatkan bahwa strategi yang sebaiknya digunakan oleh perusahaan adalah strategi ST dengan total nilai 4,16, 2) alternatif strategi yang paling menarik dan diprioritaskan yang didapatkan berdasarkan matriks QSPM adalah mempertahankan kualitas produk serta pelayanan agar membuat konsumen loyal dengan nilai STAS sebesar 6,28.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Sawi Pakcoy, Poktan Pemuda Makmur, SWOT, QSPM
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi > Agribisnis
Depositing User: Mrs Suci Rhomana Sari
Date Deposited: 27 May 2024 02:31
Last Modified: 27 May 2024 02:31
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/9191

Actions (login required)

View Item View Item