Analisis Hubungan Geometrik Jalan terhadap Tingkat Kecelakaan Ruas Jalan Badau – Simpang Renggiang Kabupaten Belitung Timur (Studi kasus lokasi Genting Apit)

Syahrian, (NIM. 1041711067) (2024) Analisis Hubungan Geometrik Jalan terhadap Tingkat Kecelakaan Ruas Jalan Badau – Simpang Renggiang Kabupaten Belitung Timur (Studi kasus lokasi Genting Apit). skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Jalan Badau-Simpang Renggiang di Lokasi Genting Apit berada di Kabupaten Belitung Timur sepanjang 2,6 km. Status jalan ini adalah jalan nasional tipe 2/2 UD (2 jalur 2 lajur tak terbagi). Jalan ini berfungsi sebagai penghubung Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur. Dalam jangka waktu 5 tahun terakhir (2017 – 2021) sudah terjadi sebanyak 19 kecelakaan. Data-data primer yang diperlukan meliputi kecepatan rata-rata, geometrik jalan (lebar jalur, lebar lajur, lebar bahu), dimensi drainase, serta perlengkapan jalan. Data sekunder yang dibutuhkan yaitu data kecelakaan 5 tahun terakhir dari 2017-2021, dan geometrik jalan. Metode analisis yang digunakan adalah metode EAN (Equivalent Accidnet Number). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecepataan rata-rata kendaran masih dibawah syarat kecepatan rencana yaitu 60 km/jam. Nilai EAN pada tikungan 3 diperoleh sebesar 54. Nilai ini menunjukan bahwa kecelakaan tertinggi terdapat pada tikungan 3. Hasil analisis geometrik jalan menunjukkan bahwa bagian-bagian yang tidak memenuhi standar yaitu lebar jalur, lebar bahu, lebar lajur, lebar perkerasan, jarak pandang henti, daerah kebebasan pandang. Hal ini menunjukkan hubungan kondisi geometrik jalan pada kecelakaan di lokasi Genting Apit yang tidak memenuhi standar dapat menyebabkan kecelakaan. Geometrik jalan memiliki hubungan dengan tingkat kecelakaan di Jalan Genting Apit di Kabupaten Belitung Timur. Tikungan 3 merupakan salah tikungan yang tidak memenuhi standar dan sering terjadinya kecelakaan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Geometrik jalan; kecelakaan; Karakteristik kecelakaan; tikungan; Genting Apit
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Mr Arja Kusuma
Date Deposited: 22 May 2024 03:25
Last Modified: 22 May 2024 03:25
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/9176

Actions (login required)

View Item View Item