Tiara Elgi Fienda, - (2023) Memprioritaskan pendidikan lingkungan dalam membangun kepedulian (Sebuah studi relasi manusia dan lingkungan). Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3 (2). pp. 318-323. ISSN 2798-365X
Text
Artikel Jurnal Tiara Elgi.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (335kB) | Request a copy |
Abstract
Pentingnya suatu pendidikan moral lingkungan kepada pelajar dan mahasiswa bertujuan menumbuhkan timbal balik tanggung jawab atas jasa juang angkatan yang lalu maupun kepada angkatan berikutnya yang akan mewarisi peradaban tanah air. Pertarungan antara kepentingan bisnis, masyarakat, dan alam, acapkali terjadi dimana alam pun seringkali dikalahkan untuk mengutamakan kepentingan ekonomi. Tujuan dari studi ini adalah untuk melihat relasi manusia dan lingkungan dalam konteks Pendidikan dan pembangunan. Bagaimana Pendidikan lingkungan hidup yang cukup akan mempengaruhi kualitas sumber daya manusia yang lebih ramah kepada kondisi lingkungan. Studi ini menggunakan metode penelitian studi literatur dengan mengumpulkan sumber literatur dari buku, artikel jurnal, dan sumber pustaka lain yang relevan dan mendukung untuk membangun diskusi Pendidikan dalam ranah pengetahuan lingkungan. Mengutip pendapat Paul Robbins tentang pentingnya pengambil kebijakan adalah untuk memahami konteks dan urgensi pentingnya menjaga kestabilan kondisi lingkungan, mampu memberikan argumentasi yang cukup kuat bahwa Pendidikan lingkungan hidup tidak terbatas untuk siapapun dan membutuhkan waktu yang cukup. Tidak ada yang bisa menjamin, sampai kapan SDA yang tersedia akan mampu memenuhi kebutuhan
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan; kepedulian; manusia; lingkungan; relasi; |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography |
Divisions: | KARYA TULIS DOSEN > Ilmu Politik |
Depositing User: | Mr Janfrist Pagendo Purba |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 06:37 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 06:37 |
URI: | http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/8877 |
Actions (login required)
View Item |