Analisa sistem komunikasi OFDM dengan teknik modulasi QPSK dan 16 QAM untuk perhitungan BER pada kanal AWGN dan Rayleigh Fading

Nugroho Wicaksono Nywitadi, (NIM. 1021111002) (2016) Analisa sistem komunikasi OFDM dengan teknik modulasi QPSK dan 16 QAM untuk perhitungan BER pada kanal AWGN dan Rayleigh Fading. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (552kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (528kB) | Preview

Abstract

Sistem OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing) merupakan sebuah teknik transmisi dengan beberapa frekuensi yang saling tegak lurus (orthogonal). Sistem OFDM digunakan untuk mengirimkan data multimedia yang umumnya berukuran besar dengan kecepatan data yang cukup tinggi. Pengiriman data dengan kecepatan tinggi, akan menyebabkan adanya multipath fadingyang berpengaruh pada nilai BER (Bit Error Rate). Maka dilakukan simulasi pada sistem OFDM untuk bisa mendapatkan nilai BER yang kecil. Simulasi sistem OFDM dilakukan dengan modulasi QPSK (Quadrature Phase Shift Keying) dan 16 QAM (Quadrature Amplitude Modulation). Dari hasil simulasi sistem OFDM dengan teknik modulasi QPSK pada Kanal AWGN memiliki nilai BER yang relatif kecil yaitu 0,1318 pada SNR 0 dB dan 0,0002 pada SNR 30 dB. Sedangkan pada Kanal Rayleigh fadingdengan modulasi 16 QAMdiperoleh nilai BER yaitu 0,9987 pada SNR 0 dB, sedangkan pada SNR 30 dB yaitu mendekati nol. Hal ini menunjukkan bahwa simulasi sistem OFDM yang dilakukan dengan modulasi QPSK pada Kanal AWGN menunjukkan kondisi yang lebih baik karena BER yang diperoleh relatif kecil.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: 16 QAM, AWGN, BER, OFDM, QPSK,Rayleigh fading
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Nia Erawati
Date Deposited: 24 Jul 2018 06:58
Last Modified: 24 Jul 2018 06:58
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/879

Actions (login required)

View Item View Item