Analisis pemasaran cabai rawit di Desa Paya Benua Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka

Venny Oktari, (NIM.2051811040) (2024) Analisis pemasaran cabai rawit di Desa Paya Benua Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (994kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dilaksanakan di bulan Juni 2023 pada Desa Paya Benua, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka.Tujuan penelitian ini adalah menganalisis saluran pemasaran, memahami fungsi pemasaran yang dijalankan lembaga pemasaran, menghitung keuntungan pemasaran, menganalisis efisiensi pemasaran dengan menghitung marjin pemasaran, menentukan nilai farmer’s share, serta mengukur efisiensi pemasaran cabai rawit pada Desa Payabenua, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka. Penelitian dilakukan dengan metode survei menggunakan teknik probability sampling, dimana 30 petani dipilih secara acak sebagai sampel. Sampel pedagang ditentukan menggunakan metode Snowball Sampling, menggunakan yang akan terjadi 6 orang tengkulak serta 9 orang pengecer. yang akan terjadi penelitian memberikan bahwa fungsi pemasaran yg dilakukan oleh petani dan pedagang melibatkan pembelian, penjualan, pengangkutan, sortasi & grading, penanggungan resiko, dan isu pasar. Pemasaran cabai rawit di Desa Payabenua menggunakan 3 saluran tataniaga : Saluran I (Petani- Tengkulak-Konsumen), Saluran II (Petani-Pengecer Konsumen), serta Saluran III (Petani-Tengkulak- Pedagang Pengecer Konsumen). keuntungan pemasaran yang diperoleh asal Saluran I sebesar Rp2.517/Kilo Gram, Saluran II sebanyak Rp7.632/KG, dan Saluran III sebanyak Rp8.572/Kilo Gram. Efisiensi pemasaran pada semua saluran tergolong efisien, menggunakan nilai masing-masing sebanyak 13,61%, 8,95%, serta 13,82%. dari ketiga saluran tersebut, Saluran II dinilai paling efisien.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cabai rawit, Efsiensi Pemasaran, Farmer’s Share, Fungsi Pemasaran, Keuntungan Pemasaran, Marjin Pemasaran, Saluran Pemasaran
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi > Agribisnis
Depositing User: Mrs Suci Rhomana Sari
Date Deposited: 23 Jan 2024 01:02
Last Modified: 23 Jan 2024 01:02
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/8757

Actions (login required)

View Item View Item