Analisis Sistem Pemasaran Beras di Desa Gantung Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur

Emilia Talisa, (NIM.2051911020) (2023) Analisis Sistem Pemasaran Beras di Desa Gantung Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Beras merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia, dan hal ini diperkuat dengan meningkatnya konsumsi beras masyarakat yang naik sebesar 2,29 persen dibandingkan tahun 2021. Konsumsi beras masyarakat yang terus mengalami kenaikan berpengaruh terhadap jumlah cadangan pasokan beras. Cadangan pasokan beras yang rendah diakibatkan dari dispartas harga beras, panjangnya saluran distribusi pemasaran, dan rendahnya pendapatan petani. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan saluran pemasaran, lembaga pemasaran, fungsi pemasaran dan menganalisis efisiensi pemasaran di Desa Gantung Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan bulan Agustus 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Metode pengambilan sampel yaitu menggunakan simple random sampling dan snowball sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga saluran pemasaran beras di Desa Gantung yaitu saluran pemasaran I : petani – pedagang pengumpul – pengecer – konsumen akhir, saluran pemasaran II : petani – pedagang penggiling padi – konsumen akhir, saluran pemasaran III : petani – konsumen akhir. Fungsi pemasaran yaitu fungsi pertukaran seperti penjualan dan pembelian, fungsi fisik seperti; perontokan, penjemuran dan penggilingan, serta fungsi fasilitas yaitu informasi pasar, risiko dan pembiayaan. Ketiga saluran pemasaran di Desa Gantung yang paling efisien adalah pola saluran III dengan margin 0, farmer’s share dengan persentase 100% dan efisiensi pemasaran 8%.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Beras, Saluran Pemasaran, Fungsi Pemasaran, Efisiensi Pemasaran
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi > Agribisnis
Depositing User: Mrs Suci Rhomana Sari
Date Deposited: 15 Dec 2023 07:29
Last Modified: 15 Dec 2023 07:29
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/8561

Actions (login required)

View Item View Item