Rio Yudha Pratama, (NIM. 1041611051) (2023) Simulasi Pergerakan Kendaraan Di Simpang 4 Museum Timah Pangkalpinang Dengan Menggunakan Software Vissim. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (309kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (721kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (936kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (283kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (286kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Simpang menjadi titik fokus konflik bagi sebagian besar arus lalu lintas, semakin banyak lengan pada simpang maka konflik yang ditimbulkan akan semakin beragam. Banyaknya arus kendaraan yang bertemu dalam satu titik menjadikan simpang tempat yang sangat beresiko terjadinya kecelakaan. Simpang 4 Museum Timah adalah salah satu simpang bersinyal di kota Pangkalpinang, namun APILL pada simpang tersebut tidak berfungsi dan berpotensi menimbulkan konflik. Oleh karena itu perlu dilakukan kajian terhadap kondisi pergerakan eksisting kendaraan dengan melakukan simulasi menggunakan VISSIM. Pembuatan simulasi pergerakan kendaraan dengan VISSIM memerlukan data berupa data primer dan data sekunder. Data primer meliputi data volume kendaraan pada jam puncak, kecepatan kendaraan, dan driving behaviour yang diperoleh dengan cara survei langsung di lapangan untuk mengetahui kondisi pergerakan kendaraan eksisting. Data sekunder berupa data peta lokasi yang diperoleh dari citra satelit Google Maps. Data tersebut diolah dan dianalisis menggunakan metode MKJI 1997. Hasil yang didapatkan berupa simulasi pergerakan kendaraan kondisi eksisting dan pergerakan kendaraan pada fase sinyal. Hasil simulasi menunjukkan bahwa pada kondisi eksisting simpang 4 Museum Timah mendapatkan nilai A untuk tingkat pelayanan sedangkan saat diberlakukan fase sinyal didapatkan nilai D untuk tingkat pelayanan.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Simpang, PTV VISSIM, simulasi, Tingkat Pelayanan |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Mr Arja Kusuma |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 04:15 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 04:15 |
URI: | http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/8222 |
Actions (login required)
View Item |