Analisis Kerusakan Jalan Lampur-Munggu di Kabupaten Bangka Tengah Menggunakan Metode PCI dan D & M

Aprilia Wardanti, (NIM. 1041711003) (2023) Analisis Kerusakan Jalan Lampur-Munggu di Kabupaten Bangka Tengah Menggunakan Metode PCI dan D & M. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Jalan Lampur-Munggu merupakan jalan penghubung antara Desa Lampur dan Desa Munggu yang sering mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut menyebabkan aktivitas pengguna jalan terganggu, contohnya waktu perjalanan menjadi lebih lama. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kerusakan, menganalisis hasil penilaian kerusakan, dan menjelaskan keterkaitan kondisi tanah dasar terhadap kerusakan jalan. Metode yang digunakan untuk menganalisis penelitian ada dua, yaitu metode PCI dan metode D&M. Lokasi kerusakan yang ditinjau pada penelitian ini yaitu STA 0+000 sampai STA 1+285 yang dibagi per 25 m (52 segmen). Data yang diambil dengan metode survei yaitu data LHR dan data CBR. Data LHR diambil pada hari kerja dan hari libur, sedangkan data CBR diambil di sepuluh titik di lokasi penelitian. Data kondisi jalan eksisting juga diperoleh dengan wawancara kepada pihak-pihak terkait, seperti pejabat pemerintah Desa Lampur dan instansi teknis yang terkait. Hasil survei LHR menunjukkan bahwa sebesar 957 kendaraan memiliki komposisi kendaraan ringan 67,19% dan kendaraan berat 32,81%. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat 7 kelompok kerusakan jalan yaitu retak kulit buaya (10,83%), amblas (0,33%), retak tepi (1,52%), retak memanjang (2,13%), tambalan dan galian utilitas (63,59%), agregat licin (11,53%), dan lubang (10,07%). Selanjutnya, berdasarkan hasil pengujian CBR diperoleh nilai sebesar 7,80% (tingkat kepadatan sedang). Hasil wawancara menunjukkan bahwa kondisi Jalan Lampur-Munggu mengalami kerusakan parah pada titik tertentu dengan jenis kendaraan yang dianggap paling berperan menimbulkan kerusakan yaitu truk sawit dengan muatan berlebih. Hasil analisis kerusakan jalan dengan metode PCI menunjukkan bahwa Jalan Lampur-Munggu masuk kategori poor/buruk (44,7). Selanjutnya, hasil analisis kerusakan jalan dengan metode D&M masuk kategori tidak memerlukan pemeliharaan dengan nilai kondisi perkerasan sebesar 14,73. Selain itu, kondisi drainase termasuk kategori memerlukan pemeliharaan ringan dengan nilai sebesar 8,44. Jadi, kerusakan di Jalan Lampur-Munggu tidak dipengaruhi oleh kondisi tanah dasar, namun dipengaruhi oleh muatan sumbu kendaraan yang melampaui ketentuan dan kondisi drainase.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kerusakan Jalan; Metode PCI; Metode D & M; Nilai CBR; dan Jalan Lampur-Munggu
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Mr Arja Kusuma
Date Deposited: 04 Aug 2023 04:02
Last Modified: 04 Aug 2023 04:02
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/7970

Actions (login required)

View Item View Item