Implikasi keberadaan kawasan objek wisata terhadap perubahan sosial masyarakat (studi pada Kawasan Wisata Pantai di Desa Air Anyir Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka)

Tri Natalia, (NIM. 5011211062) (2016) Implikasi keberadaan kawasan objek wisata terhadap perubahan sosial masyarakat (studi pada Kawasan Wisata Pantai di Desa Air Anyir Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka). skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (733kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (524kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya potensi wisata yang cukup besar di Desa Air Anyir. Adanya potensi wisata tersebut memberikan motivasi kepada pemerintah setempat khususnya Kepala Desa untuk membangun dan mengelola potensi wisata tersebut menjadi kawasan objek wisata pantai. Pembangunan dan pengelolaan kawasan wisata pantai tersebut pada akhirnya memberikan perubahan sosial pada masyarakat desa setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apa yang menjadi faktor pendorong dalam pembukaan dan pengelolan kawasan wisata pantai di Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang, dan (2) bagaimana implikasi keberadaan kawasan objek wisata pantai terhadap perubahan sosial masyarakat Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Data dianalisis dengan menggunakan teori perubahan sosial Anthony Giddens. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendorong dalam pembukaan dan pengelolaan kawasan objek wisata pantai tersebut dilatarbelakangi oleh beberapa faktor antara lain, (1) terjadinya perubahan sosial yang negatif pada masyarakat Desa Air Anyir sebelum dibukanya objek wisata pantai, (2) pemerintah desa setempat melihat adanya potensi wisata yang cukup besar di desa mereka dan ingin untuk meningkatkannya, oleh sebab itu pemerintah setempat membuat suatu kebijakan dengan membuka kawasan wisata pantai dan menginginkan perubahan positif pada masyarakat desa. Perubahan yang terjadi saat ini merupakan perubahan yang direncanakan. Perubahan yang direncanakan dengan membuat kebijakan pembukaan dan pengelolaan kawasan wisata memberikan dampak yang positif. Perubahan yang terjadi antara lain, perubahan pada tingkat solidaritas dan gotong royong, perubahan pada tingkat pendidikan masyarakat dan perubahan pada menurunnya tindak kriminalitas di lingkungan desa. Perubahan yang terjadi pada masyarakat Desa Air Anyir saat ini tidak lepas dari adanya pembangunan dan pengelolaan kawasan wisata pantai di desa tersebut.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Potensi Wisata, Kebijakan Pemerintah, Perubahan Sosial
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Sosiologi
Depositing User: Nia Erawati
Date Deposited: 18 Jul 2018 07:48
Last Modified: 18 Jul 2018 07:48
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/786

Actions (login required)

View Item View Item