Tanggung jawab kontraktual perusahaan ekspedisi terhadap wanprestasi yang terjadi dalam pengiriman barang (Studi kasus di CV Tri Bharata Cabang Kota Pangkalpinang)

Kurniawan Adam Saputra, (NIM. 4010911103) (2016) Tanggung jawab kontraktual perusahaan ekspedisi terhadap wanprestasi yang terjadi dalam pengiriman barang (Studi kasus di CV Tri Bharata Cabang Kota Pangkalpinang). skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini perusahaan pengangkutan di Indonesia mulai menunjukkan kemajuan yang signifikan. Hal ini ditandai dengan banyaknya perusahaan industri yang percaya untuk menggunakan jasa pengangkutan Salah satu bagian dari pengangkutan ini adalah pengiriman suatu barang melalui perusahaan ekspedisi, misalnya perusahaan ekspedisi CV Tri Bharata Cabang Kota Pangkalpinang. Dalam melakukan kegiatannya, ternyata perusahaan ekspedisi tidak terlepas dari berbagai bentuk permasalahan, seperti rusaknya barang yang dikirim, keterlambatan dalam pengiriman, hilangnya barang yang dikirim ataupun salah tujuan pengiriman, sehingga barang yang dikirim tersebut tidak sampai kepada alamat yang dituju. Permasalahan-permasalahan tersebut ternyata juga terjadi pada perusahaan ekspedisi CV Tri Bharata.Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana tanggung jawab kontraktual perusahaan ekspedisi jika terjadi wanprestasi dalam pengiriman barang dan Bagaimana proses penyelesaian sengketa apabila terjadi wanprestasi dalam pengiriman barang. Metode pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah yuridis normatif, yaitu membahas doktrin-doktrin, asas-asas dalam ilmu hukum serta undang-undang yang terkait; dan pendekatan studi kasus, yang merupakan gambaran hasil penelitian yang mendalam, dan lengkap, sehingga dalam informasi yang disampaikannya tampak hidup sebagaimana adanya dan pelaku-pelaku mendapat tempat untuk memainkan peranannya. Tanggung jawab penyedia jasa ekspedisi apabila terjadi kerugian akibat kerusakan barang tersebut sering kali tidak sesuai dengan nilai barang tersebut, dan pengirim/konsumen tidak dapat menuntut lebih karena telah tertera pada surat SSB dari penyedia jasa ekspedisi tersebut dan Bentuk tanggung jawab CV Tri Bharata sebagai pelaku usaha terhadap konsumen yang dirugikan belum terlaksana secara efektif. Hal ini diketahui dari 2 kasus yang terjadi, hanya 1 kasus yang menjalankan bentuk tanggung jawab, sementara 1 kasus lainnya, pihak CV Tri Bharata belum menjalankan bentuk tanggung jawab sebagai pelaku usaha. Selama ini, proses penyelesaian sengketa apabila terjadi wanprestasi dalam pengiriman barang dapat ditempuh dengan cara litigasi dan non litigasi. Kata Kunci: Perjanjian Ekspedisi, Pengangkutan, Perlindungan Konsumen

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perjanjian Ekspedisi, Pengangkutan, Perlindungan Konsumen
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Hukum > Ilmu Hukum > Konsentrasi Keperdataan
Depositing User: Mrs Neli Maryati
Date Deposited: 18 Jul 2018 07:41
Last Modified: 18 Jul 2018 07:41
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/773

Actions (login required)

View Item View Item