Pengendalian perilaku siswa berbasis teknologi CCTV (Studi di SMA Negeri 1 Namang)

Sekarini, (NIM. 5011211056) (2016) Pengendalian perilaku siswa berbasis teknologi CCTV (Studi di SMA Negeri 1 Namang). skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (629kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (783kB) | Preview

Abstract

Penerapan teknologi CCTV yang dilakukan di lingkungan sekolah SMA Negeri 1 Namang dimaksudkan untuk mencegah dan mengurangi perilaku menyimpang siswa-siswi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis penerapan teknologi CCTV dalam upaya pengendalian pola perilaku siswa-siswi, serta mengidentifikasi dampak apa saja yang ditimbulkan dari penerapan teknologi CCTV terhadap perilaku siswa-siswi di SMA Negeri 1 Namang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Peter L. Berger yang menjelaskan mengenai pengendalian sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan 13 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan, peran teknologi CCTV dalam upaya pengendalian pola perilaku siswa di SMA Negeri 1 Namang di nilai sangat efektif. Efektifitas penggunaan teknologi CCTV terbukti dengan banyak dampak positif yang dirasakan dari awal penerapan teknologi tersebut. Dampak yang lebih dirasakan oleh para siswa maupun guru di sekolah adalah dampak positif. Dampak positif bagi para guru seperti mengontrol perilaku siswa yang melakukan perilaku menyimpang, mengetahui siswa yang hendak bolos sekolah pada saat jam belajar, dan dapat dijadikan sebagai barang bukti yang kuat atas perilaku siswa. Sedangkan dampak positif bagi siswa adalah mengetahui pelaku pencurian yang terjadi di dalam ruang kelas, mengetahui siswa yang mencontek pada saat ujian sekolah, dan menjadi motivasi bagi mereka untuk lebih giat lagi dalam belajar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Sosial, Teknologi CCTV, Efektifitas
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Sosiologi
Depositing User: Nia Erawati
Date Deposited: 18 Jul 2018 07:37
Last Modified: 18 Jul 2018 07:37
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/767

Actions (login required)

View Item View Item