Program desa mandiri dan implikasinya terhadap perubahan sosial masyarakat (studi pada masyarakat Desa Ketap, Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat)

Oktari Wulandari, (NIM. 5011111043) (2016) Program desa mandiri dan implikasinya terhadap perubahan sosial masyarakat (studi pada masyarakat Desa Ketap, Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat). skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (663kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Program Desa Mandiri dilaksanakan sejak tahun 2013 di Desa Ketap. Tujuannya adalah untuk mensejahterahkan masyarakat dan menciptakan lapangan pekerjaan baru pasca timah di Desa Ketap. Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana Program Desa Mandiri dan implikasinya terhadap perubahan sosial masyarakat di Desa Ketap, Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Program Desa Mandiri dan implikasinya terhadap perubahan sosial masyarakat di Desa Ketap, Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggambarkan fenomena yang diteliti, dengan unit analisis masyarakat Desa Ketap serta pihak-pihak yang berhubungan langsung dengan Program Desa Mandiri. Pengunpulan data diperoleh melalui observasi secara langsung, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perubahan sosial pada kehidupan masyarakat Desa Ketap setelah pelaksanaan Program Desa Mandiri. Perubahan sosial yang terjadi terkait perubahan identitas desa sebagai Desa Mandiri dan nama desa menjadi dikenal, berfungsinya lembaga-lembaga sosial, adanya pembangunan fasilitas, perubahan pola pikir dan wawasan masyarakat terhadap pentingnya pendidikan, mengontrol pengeluaran dan pengetahuan, meningkatnya solidaritas masyarakat serta pelestarian kebudayaan masyarakat.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Program, Desa ,Mandiri, Perubahan, Sosial
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Sosiologi
Depositing User: Nia Erawati
Date Deposited: 18 Jul 2018 07:31
Last Modified: 18 Jul 2018 07:31
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/756

Actions (login required)

View Item View Item