Perubahan kehidupan sosial ekonomi masyarakat pesisir akibat pendangkalan alur muara (studi di lingkungan Nelayan II Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka)

Jamal Al Afgani, (NIM. 5011111040) (2016) Perubahan kehidupan sosial ekonomi masyarakat pesisir akibat pendangkalan alur muara (studi di lingkungan Nelayan II Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka). skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (746kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (696kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Perubahan Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Pesisir yang terjadi di Lingkungan Nelayan II Sungailiat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor dari pendangkalan alur muara serta bentuk-bentuk perubahan kehidupan yang terjadi di dalam masyarakat pesisir. Dan metode penelitian ini adalah mengunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukan bahwa faktor-faktor dari pendangkalan alur muaradi Lingkungan Nelayan II adalah pertama, faktor dari luar masyarakat yaitu adanya pihak-pihak yang behubungan langsung dengan proses normalisasi alur muara yang tidak sejalan dengan apa yang harus dikerjakan di dalalam pendangkalan alur muara. Kedua faktor dari dalam masyarakat yaitu adanya aktivitas kelompok-kelompok dari masyarakat itu sendiri diantaranya adalah kelompok yang bekerja dan berhubungan langsung dengan bibir pantai muara yaitu kelompok nelayan yang bekerja sebagai penambang dll. Penelitian ini menujukan bentuk-bentuk perubahan termasuk dalam perubahan besar dan perubahan yang tidak direncanakan. Bentuk perubahan besar adalah adanya perubahan yang berdampak besar dari kehidupan masyarakat diantaranya tingkat solidaritas yang menurun sehingga membuat masyarakat Nelayan II manjadi berkelompok yang menimbulkan konfik baik dengan masyarakat itu sendiri dan konflik dari masyarakat dengan pihak PT. Pulo Mass. Sedangakan perubahan yang tidak direncanakan yaitu dari pihak-pihak yang berkepentingan dari proses pendangkalan alur muara.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bentuk-bentuk Perubahan dan Masyarakat Pesisir
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Sosiologi
Depositing User: Nia Erawati
Date Deposited: 18 Jul 2018 07:16
Last Modified: 18 Jul 2018 07:16
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/725

Actions (login required)

View Item View Item