Konflik kepentingan dan implikasinya terhadap sistem kekerabatan pada masyarakat pesisir di Desa Teluk Limau Kecamatan Parit Tiga

Hardian Pratama Saputra, (NIM. 5011211024) (2016) Konflik kepentingan dan implikasinya terhadap sistem kekerabatan pada masyarakat pesisir di Desa Teluk Limau Kecamatan Parit Tiga. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (948kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (820kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (534kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (778kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah tentang konflik kepentingan yang terjadi di Desa Teluk Limau Kecamatan Parit Tiga, konflik Kepentingan yang terjadi dipicu oleh usaha dari pemangku kepentingan yang berusaha untuk mengeksploitasi sumber daya alam berupa biji timah yang terdapat di perairan laut Desa Teluk Limau. Usaha dari pemangku kepentingan ini kemudian mendapatkan reaksi pro dan kontra dari masyarakat yang memicu terjadinya konflik terbuka dan kemudian berimbas kepada sistem kekerabatan yang selama ini terbentuk di dalam masyarakat Desa Teluk Limau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan (1)sistem kekerabatan yang selama ini berlangsung, (2)proses terjadinya konflik kepentingan, dan (3)dampak konflik terhadap sistem kekerabatan di Desa Teluk Limau. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Teluk Limau Kecamatan Parit Tiga, dengan menggunakan metode penelitian Kualitatif Desakriptif, yaitu metode penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi terkait permasalahan penelitian yang dilakukan di lokasi penelitian dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menentukan informan peneliti menggunakan teknik purposive sampling yaitu cara penentuan informan yang ditetapkan secara sengaja atas dasar kriteria atau pertimbangan tertentu. Dalam penelitian ini pemilihan informan didasarkan atas kriteria pengetahuan masyarakat terhadap sistem kekerabatan dan konflik yang terjadi di Desa Teluk Limau. Hasil dari penelitian ini mengemukakan kondisi sistem kekerabatan yang mengalami perubahan setelah terjadinya konflik, dilihat dari rusaknya faktor pendorong terbentuknya sistem Kekerabatan dan pudarnya modal sosial yang terbentuk berdasarkan kuatnya sistem kekerabatan yang selama ini terjalin pada masyarakat Desa Teluk Limau. Seperti interaksi yang sudah tidak harmonis lagi, sifat peduli dan saling tolong menolong yang sudah semakin jarang serta rasa empati dan saling memiliki yang semakin melemah.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: konflik kepentingan, sistem kekerabatan, pemangku kepentingan, modal sosial
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Sosiologi
Depositing User: Nia Erawati
Date Deposited: 18 Jul 2018 05:32
Last Modified: 18 Jul 2018 05:32
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/718

Actions (login required)

View Item View Item